Selasa, 30 November 2010

Keinginan Anda

Anda tumbuh bukan untuk di lihat oleh orang, untuk memamerkan diri, atau tidak juga untuk menyenangkan lingkungan. Tujuan tumbuh hanyalah karena ingin tumbuh untuk mengekspresikan diri. Hanya inilah keinginan Anda.
be well,
Dwika-ExecuTrain



Tiga Tingkatan Kebahagiaan
by: Soegianto Hartono

Saya percaya bahwa setiap orang tentu ingin mengalami kebahagiaan dalam hidupnya, bukan ? ini kebutuhan utama setiap orang, tidak ada orang yang tidak menginginkan ini.
Apa saja yang di lakukan orang dalam aktivitasnya sehari-hari, tentu ujung-ujungnya untuk mendapatkan kebahagiaan. Tujuan anda bekerja juga untuk memperoleh kebahagiaan, bukan ?
Sebetulnya kebahagiaan itu ada beberapa tingkatan, dan untuk membantu anda memahaminya , izinkan saya menyampaikan tulisan berikut ini :

Menerima
Anda akan merasa senang kalau menerima sesuatu dari orang lain, misalkan anda menerima hadiah ulang tahun dari orang tua anda, pasti anda senang dan merasa bahagia.
Kesenangan seperti ini merupakan kebahagiaan level pertama, sebab kesenangan itu hanya menyentuh kebutuhan fisik anda saja.

Memberi
Kebahagiaan level kedua adalah memberi, dengan memberi sesuatu yang anda miliki kepada orang lain, anda akan merasa bahagia. Misalkan anda menolong orang lain yang membutuhkan bantuan, dengan memberikan pertolongan ini perasaan anda akan merasa senang. Kalau anda di butuhkan oleh orang lain, dan anda bisa memenuhi kebutuhan orang itu, akan muncul perasaan bahagia menyelimuti diri anda.
Pada level kedua ini, kebahagiaan yang anda rasakan menyentuh kebutuhan emosional dan spiritual anda. Jadi apa yang anda rasakan pada level ini tidaklah sama dengan level pertama diatas.

Menjadi Diri Sendiri
Kalau anda telah membebaskan diri dari kemelekatan atau keterikatan pada hal-hal yang bersifat materi, anda akan mampu menjadi diri sendiri. Anda tidak lagi mengkawatirkan apa yang akan di katakan oleh orang lain tentang diri anda.
Di suatu hutan belantara, tumbuh bunga anggrek yang cantik dan indah, dia tumbuh bukan untuk di lihat oleh orang, untuk memamerkan dirinya, atau tidak juga untuk menyenangkan lingkungannya. Tujuan dia tumbuh hanyalah karena dia ingin tumbuh dan berbunga untuk mengekspresikan dirinya. Hanya inilah keinginannya. Dia tidak membutuhkan pujian, pengakuan atau kehormatan.
Dia hanya butuh untuk mengekspresikan dirinya sebaik-baiknya siapa dirinya.
Inilah kebahagiaan level tertinggi, suatu kebahagiaan yang memenuhi kebutuhan jiwa seseorang.

Pembaca yang budiman, setelah anda mengenali ketiga tingkatan kebahagiaan ini, silahkan menentukan sendiri sampai pada level mana anda ingin merasakan kebahagiaan anda.

Salam bahagia dan sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar