Senin, 15 November 2010

Update setiap hari

Lakukan update artikel ke web atau blog Anda. Update setiap hari atau dua hari sekali. Sebab Google suka dengan web yang diupdate secara reguler.
be well,
Dwika-ExecuTrain



Google dan Siasat Search Engine Optimization
* Written by Yodhia Antariksa

Dalam jagat online yang kian membuncah, Google adalah pendekar yang nyaris tak tertandingi. Mesin pencari yang mereka ciptakan benar-benar telah mengubah cara netters menelisik dan bersetubuh dengan dunia maya yang makin eksotis.

Google dengan kata lain telah menjadi gerbang utama ketika setiap orang bermaksud menjulurkan kaki dalam jagat online. Itulah mengapa, sebuah website yang bisa menyeruak dalam peringkat pertama hasil pencarian Google akan sangat merasa tersanjung, dan layak larut dalam sukacita.

Cuman sialnya sungguh tak mudah menembus peringkat atas Google. Sebabnya jelas : setiap hari ribuan – atau bahkan jutaan website – bertarung, saling menyodok, beradu otot dan kecerdasan untuk melesat menjadi web yang nangkring di urutan pertama (atau kedua dan ketiga) hasil pencarian Google.

Dari proses itu kemudian muncul istilah search engine optimization (disingkat SEO) : atau sebuah siasat cerdik untuk membuat sebuah website melesat di peringkat atas Google. Dalam diskus kali ini, saya akan mendedahkan 4 cara praktis agar sebuah web bisa menjulang di mata mesin Google. Jika Anda sudah atau akan membuat web/ blog, perhatikan benar tips ini. Jika kantor Anda punya website, sodorkan tips ini kepada orang-orang IT agar web perusahaan/kantor Anda tidak “lenyap” tanpa pernah terdeteksi oleh Google.

Tips # 1 : Jika membuat website/blog, upayakan agar nama domain web Anda mirip atau sama dengan konten/produk yang akan dibangun dan dijual. Dulu, ketika mau membuat blog ini saya merancang bahwa isinya akan berkaitan dengan strategi bisnis dan manajemen. Itulah mengapa saya memilih nama domain www.strategimanajemen.net. Atau ketika saya hendak menjual slide presentasi, maka nama web yang saya pilih adalah www.rajapresentasi.com.

Apa kelebihannya? Ketika orang mengetikkan kata strategi bisnis, manajemen, atau presentasi, maka web-web itu akan sangat dihargai oleh Google, karena nama domainnya persis sama dengan kata yang diketikkan. Jadi jika kelak Anda akan membuat web tentang manajemen SDM, maka nama domain sebaiknya www.ilmumanajemenSDM.com atau sejenisnya. Dan jika Anda mau berjualan batik, maka nama domainnya bisa www.pasarbatik.com atau www.seragambatik.com.

Tips # 2 : Membuat agar web orang lain mau mereview dan kemudian juga menuliskan link yang mengarah ke website Anda. Link dari web lain ini sungguh sangat dihargai oleh Google. Makin banyak link dari luar, makin bagus web Anda di mata paman Google. Jika blog Anda bagus seperti yang sedang Anda baca ini, maka akan cukup banyak web/blog yang membuat link ke sini secara sukarela. Namun kalau Anda punya web www.pakarsedotwc.com, maka siapa yang mau membuat link kesitu secara sukarela?

Beruntung, sekarang ada sebuah jasa yang bisa membuat para blogger ditanah air mau mereview dan membuat link ke web Anda. Nama layananannya adalah www.reviewmu.com. Cukup dengan membayar Rp 30 ribu, Anda bisa memesan satu blogger untuk membuat link ke web Anda (kalau Anda punya dana Rp 300 ribu, Anda bisa memesan 10 link). Saya pernah menggunakan jasa layanan ini, dan sangat happy dengan hasilnya.

Tips # 3 : Secara rutin melakukan update artikel ke web atau blog Anda. Bagusnya, update setiap hari atau dua hari sekali. Sebab Google suka dengan web yang diupdate secara reguler. Namun memang menulis setiap hari atau dua hari sekali memang ndak mudah. Karena itu, paling sedikit lima hari atau seminggu sekali harus diupdate. Jangan sampai web kita dibiarkan mangkrak berbulan-bulan tidak diupdate. Lama-lama web ini bisa makin tenggelam dalam hasil pencarian Google.

Tips # 4 : Ini mungkin berlaku bagi yang akan membuat website. Kelak kalau memang akan membuat blog atau web, gunakan aplikasi Wordpress. Kini banyak tersedia aplikasi gratisan untuk membuat web seperti blogspot, joomla, atau lain-lainnya. Namun sejauh yang saya tahu, aplikasi wordpress adalah yang paling friendly di mata mesin pencari Google. Blog strategimanajemen.net ini juga menggunakan wordpress. Aplikasi wordpress ini juga sangat mudah dioperasikan (kalau Anda bisa membuka email yahoo, saya kira Anda juga pasti akan bisa membuat web dengan aplikasi wordpress).

Demikianlah empat tips praktis yang akan membantu web Anda untuk melesat dalam peringkat papan atas hasil pencarian Google. Saya telah mempraktekkan empat tips diatas untuk hampir semua website/blog saya (total saya memiliki 6 website : tiga berbahasa Indonesia dan tiga berbahasa Inggris). Dan hasilnya cukup mengesankan : ribuan orang “menclok” masuk ke website saya melalui pintu Google.

Kepada dua anak muda pendiri Google, saya hanya bisa mengucapkan terima kasih : Mr. Brin and Mr. Page, thanks for helping me to develop a better life.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar