Sabtu, 08 Januari 2011

Motivasi menaklukkan dunia

Mimpi merancang masa depan menjadi terarah. Mimpi memberikan gambaran masa depan yang ingin digenggam. Jangan pernah berhenti bermimpi karena di dalam mimpi tersimpan sebuah motivasi, untuk kita menaklukkan dunia.
be well,
Dwika-ExecuTrain




Mimpi,Sebuah Motivasi dari Alam Fiksi
by Riski Hidayati

Semua orang pasti mempunyai sebuah harapan dalam hidupnya, sebuah harapan yang akan mengisi dan memenuhi angan dan benak mereka. Hal ini biasa kita kenal juga dengan sebutan mimpi. Mimpi yang dimaksud disini memang bukan bunga tidur, tetapi mimpi dalam konteks bunga tidur pun tidak dapat dilepaskan korelasinya dengan mimpi yang berupa pengharapan ini. Di dalam bunga tidur sama-sama tersirat sebuah pengharapan. Misalnya kita sedang mengidam-idamkan suatu barang, tidak jarang hal itu terbawa ke dalam mimpi yang menjadi bunga tidur kita.
Setiap orang memiliki mimpi yang berbeda-beda. Mulai dari hal-hal yang masuk akal sampai pada hal-hal yang agak irrasional. Sebagai contohnya saya mempunyai seorang sahabat, dia memiliki mimpi yang mungkin menurut orang lain tidaklah penting yaitu dia ingin menggunakan bahasa inggris selama satu hari penuh dalam berkomunikasi dalam bentuk apapun dengan orang lain. Contoh lainnya adalah mimpi saya untuk dapat menginjakan kaki di puncak tertinggi di Indonesia,tepatnya di Puncak Jaya Wijaya, Papua. Setiap orang berhak menentukan sendiri apa mimpi-mimpi mereka. Mereka juga memiliki kebebasan untuk membiarkan diri-diri mereka terhanyut dalam buaian mimpi-mimpi mereka sendiri atau sebaliknya bangun dari mimpi-mimpi mereka dan merealisasikannya ke dalam kehidupan nyata. Hidup itu pilihan dan semua pilihan tergantung pada diri kita sendiri.
Mimpi juga kerap dihubungkan dengan cita-cita. Biasanya cita-cita itu berasal dari mimpi-mimpi yang sudah tertanam kuat di angan dan benak kita masing-masing. Harapan,mimpi dan cita-cita memang tiga hal yang memiliki hubungan sangat erat dan tidak mungkin dipisahkan. Adanya sebuah harapan membuat kita bisa bermimpi dan mimpi-mimpi inilah yang nantinya akan tumbuh menjadi cikal bakal dari cita-cita kita.
Orang-orang yang besar banyak lahir dari mereka yang mempunyai mimpi yang besar pula. Misalnya Albert Einstein. Mimpinya untuk bisa menerangi dunia dengan cahaya lampu pijarnya akhirnya membawanya pada kesuksesan nyata. Kini namanya telah melanglang buana berkat penemuannya yang berawal dari sebuah mimpi belaka itu. Selain Einstein ada juga Sochiro Honda yang menuai kesuksesan dengan merk kendaraan Honda miliknya dan hal tersebut lagi-lagi berakar dari sebuah mimpi yang tadinya hanyalah sebuah khayalan. Selain Einstein dan Honda, masih banyak lagi tokoh-tokoh besar yang meraih kesuksesannya berkat mimpi-mimpi yang mereka punya. Mimpi memang telah terbukti menjadi kekuatan yang sangat ampuh yang bisa memotivasi kita dalam mencapai cita-cita. Tetapi mimpi saja tidaklah cukup, dibutuhkan juga usaha yang harus dilakukan untuk merealisasikan mimpi tersebut. Mimpi memang penting, tetapi untuk apa kita bermimpi jika kita tidak merealisasikan mimpi kita ke dalam kehidupan nyata. Kita tidak bisa hidup di dunia khayalan,dunia fiksi,dunia fantasi atau apapun namanya itu. Kita tetap harus hidup di dunia nyata,dunia yang sebenarnya. Boleh saja kita sesekali berkelana di dunia khayal tetapi jangan sampai kita melupakan kehidupan kita di dunia nyata.
Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk merealisasikan mimpi kita ke dalam kehidupan nyata. Langkah pertama adalah memikirkan dan mencari tahu apa mimpi kita itu. Setelah kita tahu apa mimpi kita, catatlah di sebuah kertas. Kenapa harus kita catat ? Karena kita hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari khilaf dan lupa. Seperti kata orang bijak, “Catat apa yang kita lakukan dan lakukan apa yang kita catat”. Catat mimpi-mimpi kita ke dalam sebuah daftar sebanyak-banyaknya. Selanjutnya kita harus berusaha untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang telah kita catat tadi. Tetapi berusaha saja tidaklah cukup, kita juga harus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa karena tanpa kehendakNya, semua usaha kita akan menjadi sia-sia. Berusaha tanpa berdoa adalah suatu kesombongan, sedangkan berdoa tanpa berusaha adalah suatu kebodohan. Jadi keduanya harus dilakukan secara sinkron. Setelah kita berusaha dan berdoa, kita pasrahkan apapun hasilnya kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jika berhasil, itulah buah dari usaha dan kerja keras kita. Tetapi ketika usaha dan kerja keras kita tidak berujung kepada suatu keberhasilan, janganlah kita berputus asa karena justru ini akan menjadi awal perjuangan kita yang baru. “Banyak jalan menuju Roma”, banyak jalan pula menuju keberhasilan. Sayangnya kadang kita hanya terfokus pada suatu jalan saja tanpa berpikir bahwa masih ada jalan lain yang bisa kita tempuh. At last but not least, ayo kita coret satu per satu mimpi yang telah dapat kita wujudkan dari daftar mimpi yang telah kita buat sebelumnya. Semakin banyak coretan, semakin menunjukan kesuksesan kita dalam merealisasikan mimpi-mimpi kita. Cara di atas telah dibuktikan keampuhannya oleh seorang mahasiswa salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Kota Bogor. Dia menuliskan mimpi-mimpinya di secarik kertas dan menempelkannya di dinding kamarnya. Karena kegigihan dan usahanya satu per satu mimpinya pun terwujud sampai akhirnya yang tersisa di kertas tersebut hanyalah coretannya saja.
Mimpi sangat dibutuhkan untuk merancang masa depan kita karena mimpi bisa diibaratkan sebagai gambaran masa depan kita. Apabila kita tidak mempunyai mimpi, maka bisa dipastikan masa depan kita pun akan menjadi tidak terarah. Mimpi memberikan kita gambaran-gambaran indah tentang masa depan yang ingin kita genggam. Tanpa mimpi kita hanyalah orang yang tidak tahu arah dan tujuan hidup kita. Tanpa tahu arah dan tujuan, kita bisa tersesat ke dalam dunia yang kelam. Jangan pernah berhenti bermimpi karena di dalam mimpi tersimpan sebuah motivasi, sebuah motivasi yang berasal dari alam fiksi. Seperti kata grup band Nidji “mimpi adalah kunci untuk kita menakhlukan dunia”. Ayo kita menakhlukan dunia ini dengan cara bermimpi setinggi-tingginya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar