Jumat, 22 Oktober 2010

Just Do It

Sesudah anda memutuskan untuk melakukan sesuatu, tentukan batas waktunya… dan lakukan saja tanpa dipikir lagi… Just Do It.
salam,
Dwika-ExecuTrain


Motivation... or Habits?
By Awie Suwandi

Berada dalam lingkungan orang orang yang suka belajar dan peduli dengan pengembangan potensi diri selalu saja memberikan pengalaman yang sangat menarik, karena banyak sekali hal positif yang bisa dipelajari.

Ada seorang teman sejak SMP saya yang bernama Andra, dan Andra ini dari dulu sudah suka sekali dengan topik yang berhubungan dengan motivasi, Andra banyak sekali membaca buku buku tentang motivasi dan bahkan Andra sering sekali mengikuti seminar motivasi yang bagus bagus.

Pada suatu hari saya terlibat dalam sebuah percakapan yang menarik dengan Andra, Andra mengeluh kenapa selama ini susah sekali mempertahankan kondisi termotivasi dalam jangka waktu lama, terutama ketika Andra harus mengerjakan sebuah tugas yang membutuhkan konsistensi dan ketekunan dalam jangka waktu yang lama.

Memang benar selama ini buku dan seminar motivasi bisa memberikan Andra semangat yang menggebu gebu pada awalnya, namun kondisi ini hanya bertahan beberapa minggu bahkan terkadang hanya beberapa hari saja, untuk mengatasi rasa malas & bosan yang mulai muncul dan supaya bisa tetap konsisten pada tugasnya, biasanya Andra harus mengikuti lagi seminar motivasi yang berikutnya… dan berikutnya… dan berikutnya…!!!

Apakah Anda juga memiliki pengalaman yang sama? Mungkin saja Anda sekarang juga akan berkata dalam hati, “Itu dia kendala yang juga saya hadapi, kenapa ya kok bisa seperti ini? Dan adakah cara untuk mengatasinya?“.

Kebiasaan (Habits)
Setelah saya renungkan, saya menemukan sesuatu yang menarik. Rupanya, sama seperti kebanyakan orang, selama ini Andra terlalu fokus kepada faktor motivasi saja, sehingga mengabaikan faktor yang menurut saya lebih penting, yaitu memunculkan sebuah kebiasaan yang mendukung.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya orang yang selalu tergantung pada motivasi untuk mencapai tujuan, tanpa mau keluar dari zona nyaman dan tanpa mau ubah pola hidup, pola kerja dan kebiasaan kebiasaan lama yang sudah tidak efektif lagi.

Andra memang butuh motivasi untuk membuatnya lebih mudah memulai sesuatu (take action), tapi kebiasaanlah yang akan membuat anda tetap mengerjakannya pada saat motivasi anda sudah mulai menurun.

Mungkin beberapa diantara anda akan berpikir “Masa? kok bisa…?”. Saya bisa menjawab anda dengan pertanyaan yang sederhana, coba dipikirkan, “Apakah anda butuh motivasi ketika anda mau makan? Apakah anda harus diberi motivasi untuk mandi, gosok gigi, berpakaian dan kebiasaan kebiasaan rutin lainya? Tidak usah bukan?” dan meskipun demikian… anda tetap melakukan kebiasaan positif ini setiap hari… anda melakukannya hari ini… anda melakukannya besok… lusa… dan seterusnya…. dan seterusnya… bahkan sampai seumur hidup… dan… yang lebih menarik lagi… anda melakukannya dengan mudah… dan tanpa ada perasaan terpaksa sama sekali…

Kenapa bisa demikian…? Karena semuanya anda lakukan secara otomatis… tanpa harus ekstra berusaha… dan tanpa perlu dipikirkan… dan itulah kekuatan dari Kebiasaan…

Contoh lain, yang namanya kebiasaan itu sayang sekali bisa juga berupa kebiasaan kebiasaan negatif, seperti merokok, menggigit kuku, makan berlebihan, suka mencuri dll. Dan saya yakin anda pasti akan setuju bahwa orang orang yang memiliki kebiasaan seperti ini tidak butuh dimotivasi untuk terus melakukannya, ‘tul kan?

Motivasi itu memang penting dan bisa diibaratkan sebuah perahu yang bisa anda gunakan untuk menyeberangi sungai dengan cepat dan nyaman (meskipun ada cara lain seperti berenang, memanjat pohon dll), dan begitu anda sudah sampai diseberang… yang anda butuhkan bukan perahu lagi… melainkan sebuah rutinitas atau kebiasaan yang akan membantu anda untuk meneruskan perjalanan panjang anda dengan berhasil…, dan anda tidak akan kemana mana seandainya anda memilih untuk tetap menggunakan dan berada dalam perahu tadi.

Jadi penting sekali untuk munculkan kebiasaan baru yang positif dan yang bisa mendukung anda dalam mengerjakan sebuah pekerjaan. Karena begitu motivasi mulai menurun… kebiasaanlah yang menentukan… karena kebiasaanlah yang akan membuat anda tetap konsisten… untuk kerjakan tugas… dan pekerjaan anda... sampai selesai…

Action Tips
Berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menerapkan ide diatas:
1. Putuskan untuk ambil tanggung jawab penuh atas hidup anda… karena anda sendirilah satu satunya… orang yang bertanggung jawab… atas kesuksesan dalam hidup anda… bukan lingkungan anda… bukan pula seorang motivator… dan bukan siapapun… melainkan diri anda sendiri…

2. Lakukan perencanaan yang detil secara rutin untuk menentukan arah dan tujuan dalam hidup anda.

3. Untuk mencapai sebuah sasaran/goal, anda bisa gunakan motivasi untuk mempermudah anda take action, tapi yang lebih penting, selalu tanyakan pada diri anda, “Untuk mencapai goal saya, kebiasaan baru apa yang harus saya munculkan? Dan kebiasaan lama apakah yang harus saya hilangkan?” Ubahlah kebiasaan bekerja anda dan bahkan jika perlu, ubahlah kebiasaan hidup anda untuk disesuaikan dengan sasaran atau goal anda…

4. Ketika memunculkan kebiasaan baru, nikmatilah kebiasaan tersebut… dengan fokus dan mencari… hal hal yang anda sukai dari kebiasaan tersebut.

5. Sesudah anda memutuskan untuk melakukan sesuatu, tentukan batas waktunya… dan lakukan saja tanpa dipikir lagi… Just Do It!!!. Analisa itu hanya anda butuhkan pada saat membuat rencana, ketika masalah muncul dan pada saat evaluasi.

6. Ketika anda mengerjakan sesuatu, berandai andai dan lakukan dengan cara seolah olah kegiatan tersebut adalah sebuah kebiasaan yang sudah lama anda lakukan. Lama kelamaan bawah sadar anda akan merespons dan membuatnya menjadi sebuah kebiasaan.

7. Kebiasaan itu muncul pada level pikiran bawah sadar, jadi anda bisa memprogram dan menanamkan sebuah kebiasaan baru dengan cepat dengan belajar teknik Self Hypnosis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar