Rabu, 15 Desember 2010

Tabel kegiatan

Kelompokkan kegiatan Anda sehari – hari dengan membuat tabel kegiatan mulai yang penting, mendesak, rutinitas dan yang hanya bersifat selingan.
be well,
Dwika-ExecuTrain




Prioritas Kegiatan
by: Rin

Pada saat membuat jadwal ada kalanya kita bingung dalam menentukan kegiatan mana yang harus didahulukan, karena bisa saja dalam satu waktu ada lebih dari satu kegiatan yang harus kita lakukan. Oleh karena itu, kita harus bisa menentukan kegiatan mana saja yang penting untuk dilakukan terlebih dahulu.
Ketika membicarakan prioritas, kita berbicara mengenai urutan hal-hal atau kegiatan, mana yang akan didahulukan dan mana yang ditunda..
Untuk mengatur prioritas kegiatan, kita bisa mengajukan pertanyaan untuk diri kita mengenai kegiatan tersebut, seperti :

- Apakah pekerjaan-pekerjaan itu akan bermanfaat untuk kehidupan saya untuk jangka panjang?
- Apakah itu akan menghasilkan sesuatu bagi saya? baik secara rohaniah, material, intelektual? Atau bahkan sebaliknya, tidak dapat apa-apa?
- Apakah orang lain juga akan mendapat manfaatnya?
- Apakah saya akan masih memiliki kesempatan itu lain kali lagi?
- Apakah saya merupakan orang yang tepat untuk itu? atau karena tidak ada orang lain yang mau melakukannya?
- Apakah timbal baliknya, apakah ada pengorbanan yang harus saya lakukan?
- Apakah saya akan menikmati kegiatan itu?

Mungkin kita perlu mengetahui ciri-ciri suatu kegiatan yang bernilai tinggi :

- Berkaitan langsung dengan sasaran atau tujuan.
- Tidak bisa digantikan/didelegasikan.
- Penting.
- Cenderung berisiko.
- Mungkin tidak menyenangkan
- Mungkin sulit atau tidak rutin.

Nah dari sini kita bisa mengelompokkan kegiatan kita sehari – hari, misalnya saja dengan membuat tabel yang mengelompokkan kegiatan kita mulai dari yang penting, mendesak, rutinitas dan yang hanya bersifat selingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar