Sabtu, 25 Desember 2010

Perbanyak rasa syukur

Apa pun yang Anda alami, bersyukurlah. Dan perbanyak rasa syukur yang ikhlas agar hidup Anda lebih sejahtera.
be well,
Dwika-ExecuTrain




Pentingnya Bersyukur
Penulis : Soegianto Hartono

Apapun yang Anda alami atau dapatkan patut disyukuri. Kalau Anda membaca tulisan ini, mungkin di dalam hati Anda bilang, "Memang mudah untuk mengatakan tetapi sulit untuk mempraktikkannya."

Memang, bersyukur itu tidaklah mudah, apalagi kalau yang kita alami adalah suatu pengalaman yang tidak menyenangkan. Tetapi bersyukur itu sendiri sesungguhnya juga mudah, karena hanya membutuhkan gerakan otot untuk membuka mulut saja. Sebagai contoh, saat Anda menerima sesuatu dari orang lain, tentu terasa mudah untuk mengatakan "terima kasih".

Mengapa kita merasa sulit untuk mengucapkan kata terima kasih atau bersyukur saat menerima sesuatu yang tidak menyenangkan?

1. Kita sejak kecil telah dikondisikan untuk menerima. Orangtua kita selalu mengingatkan agar kita mengucapkan kata terima kasih bila menerima sesuatu dari orang lain, sehingga menjadi kebiasaan.

2. Sejak kecil kita juga sudah dikondisikan untuk menyalahkan orang lain atau keadaan, contohnya bila waktu kecil anda terjatuh atau terbentuk meja, Anda tentu menangis, dan orangtua bisa jadi "menyalahkan" lantai atau meja tersebut untuk menghibur Anda.

3. Mentalitas Kelangkaan. Kita senantiasa merasa kekurangan, dengan perasaan ini, maka timbulah keengganan untuk bersyukur.

Lantas, untuk apa kita bersyukur?

1. Dengan bersyukur sebetulnya kita menghalau perasaan tidak puas, di mana perasaan tidak puas ini dapat "mengaburkan" pandangan kita dan bisa menimbulkan dampak seperti kemarahan dan tindakan-tindakan destruktif yang sangat merugikan buat diri kita sendiri.

2. Dengan bersyukur, maka batin kita akan tenang dan pikiran kita menjadi jernih kembali. Dengan begitu kita akan mampu melihat kesempatan yang lebih baik.

3. Bersyukur merupakan ungkapan rasa terima kasih karena kita telah diberikan sesuatu yang sangat berharga. Walaupun kita mengalami suatu peristiwa atau kejadian yang tidak menyenangkan, sesungguhnya itu merupakan pelajaran yang sangat berharga buat diri kita. Dengan pengalaman ini tentunya kita bisa memperbaiki diri sehingga lebih mampu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi di kemudian hari.


4. Dengan bersyukur, sesungguhnya kita sedang mendekatkan diri dengan Sang Pencipta, sumber dari segala sumber kehidupan ini. Bila kita dekat dengan sumber ini, maka kelimpahan akan mengelilingi kita. Bila Anda mengetahui alasan yang jelas mengapa kita perlu bersyukur, tentu Anda akan mudah bersyukur dalam menghadapi keadaan apapun.

Oleh karena itu apa pun yang Anda alami, bersyukurlah. Dan perbanyak rasa syukur yang ikhlas agar hidup Anda lebih sejahtera.

Salam Bahagia dan Sejahtera.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar