Sabtu, 25 Desember 2010

Buatlah keputusan

Lihatlah dari berbagai sisi, amati lalu dapatkan kepuasan, kelengkapan informasi, lalu mulailah analisa, dan baru buatlah keputusan. Ketika melihat sebuah masalah, kita hanya melihat dari satu sisi saja, dan mungkin tak pernah melihat dari sisi lain sehingga kita mampu menginderanya menjadi “3D”.
be well,
Dwika-ExecuTrain


Ternyata mata ini hanya melihat 2 Dimensi saja (Setetes Hikmah)

**blog.umy.ac.id


Sebuah kindahan terbesar jika kita mampu memaknai arti penglihatan, arti dari organ mata yang selama ini membantu kita belajar dari kehidupan ini. Namun tidak banyak yang mampu mensyukuri, bahkan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin sebagai tanda syukur kepada Allah Ta’ala.

Selama ini kita mengira bahwa mata ini mampu melihat semua sisi tanpa bantuan apa-apa. Benarkah?

Mari kita renungkan bersama, apa yang dimaksud dengan 3D? 3D adalah sesuatu yang memiliki lebar, tinggi dan panjang (kedalaman).Manusia dapat melihat hubungan spasial antara objek dengan melihat pada benda itu karena manusia memliki Persepsi 3D, yang juga dikenal dengan persepsi kedalaman. Saat melihat sekeliling, retina dalam setiap mata membetuk gambar 2 dimensi dari sekitar kita, dengan bantuan tangan dan pergerakan dari kaki hingga setelah terkumpul semua informasi dalam 2D, barulah otak kita yang mengolahnya menjadi sebuah pengalaman visual 3D.

YA, sekarang kamu coba duduk saja tanpa berkegerak kemana2, lalu ambilah selembar kertas, atau lihatlah pada tembok dinding rumah kamu. (Ingat tanpa berpindah , melangkah!) bisakah kamu melihat sisi lainnya? bisakah kamu lihat sisi sampingnya? Tentu tidak. Karena mata kita hanya melihat 2 D, dan dia hanya bekerja untuk mengumpulkan potongan gambar 2D saja yang kemudian dikumpulkan dan diproses dalam otak, lalu tampak 3D dan lalu disempurnakan dengan sentuhan tangan.

Percaya atau tidak, sadar atau tidak, selama ini kita tidak menyadari kelemahan diri, bahwa kita benar-benar terbatas. Kita tidak mampu melihat sesuatu dibalik sana, dibalik dinding itu. Begitu juga ketika melihat sebuah masalah, kita hanya melihat dari satu sisi saja, dan mungkin tak pernah melihat dari sisi lain sehingga kita mampu menginderanya menjadi “3D”. Lihat lah dari berbagai sisi, amati lalu dapatkan kepuasan, kelengkapan informasi, lalu mulailah analisa, dan baru buatlah keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar