Senin, 27 Desember 2010

Tugas Anda

Bila atasan memberi penugasan, berarti itu adalah tugas Anda. Lebih baik katakan: "Maaf pak, sepertinya itu bukan prioritas saya saat ini." Lalu jelaskan baik-baik pada bos Anda apa saja tanggung jawab Anda sekarang.
be well,
Dwika-ExecuTrain






Kata "Jangan" saat kerja
oleh SUPRIYADI

Apa pun bidang pekerjaan dan level posisi Anda, keterampilan komunikasi perlu Anda miliki. Ketahui bagaimana menyampaikan keinginan dengan cara yang tepat serta ucapan apa saja yang harus Anda hindari di kantor.

Jangan katakan: "Itu bukan pekerjaan saya"
Mengapa: Bila atasan memberi penugasan, berarti itu adalah tugas Anda.
Lebih baik katakan: "Maaf pak, sepertinya itu bukan prioritas saya saat ini." Lalu jelaskan baik-baik pada si bos apa saja tanggung jawab Anda sekarang.

Jangan katakan: "Ini memang bukan ide bagus, tapi menurut saya..."
Mengapa: Jangan remehkan ide Anda sendiri.
Lebih baik katakan: Ungkapkan apa yang ada dalam kepala Anda. Hal ini akan mendorong Anda melontarkan ide cemerlang dengan percaya diri.

Jangan katakan: "Maaf, saya sedang tak ada waktu."
Mengapa: Kalimat tersebut termasuk tidak sopan, baik saat bicara langsung atau ditelepon.
Lebih baik katakan: "Saya harus segera menyelesaikan ini. Boleh bicara nanti setelah selesai?"

Saat wawancara kerja
Jangan katakan: "Atasan saya yang sekarang sangat killer."
Mengapa: Sangat tidak profesional. Pihak yang mewawancari Anda justru akan berpikir dua kali untuk merekrut karyawan yang suka menjelek-jelekkan orang lain.
Lebih baik katakan: " Saya siap dengan tantangan baru" atau ucapan positif lainnya.

Jangan katakan: "Menurut Anda saya akan cocok bekerja di sini?"
Mengapa: Anda adalah orang yang diwawancara bukan pewawancara.
Lebih baik katakan: Ungkapan yang menunjukkan Anda tertarik pada perusahaan tersebut.

Jangan katakan: "Bagaimana dengan jam kerjanya?" atau "saya bisa dapat cuti liburan berapa lama?"
Mengapa: Anda akan terlihat seperti orang yang hanya fokus pada hak yang didapat setelah pekerjaan selesai.
Lebih baik katakan: " Bagaimana gambaran tugas harian di sini?" Lalu, bila Anda tidak mendapat penjelasan yang diharapkan, katakan, "bisakah Anda jelaskan tentang kompensasi dan benefit lain di kantor ini?"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar