Minggu, 26 Desember 2010

Harapan, sasaran dan impian

Anda mendefinisikan diri tentang misi Anda dan menuliskan semua misi tersebut, maka Anda mempunyai harapan, sasaran dan impian.
be well,
Dwika - ExecuTrain



Misi Hidup
**Soegianto Hartono.

Pepatah mengatakah You Know what to do but you don’t do what you know , banyak orang sudah tahu apa yang seharusnya di kerjakan, tetapi hanya sedikit yang benar-benar mengerjakannya.
Banyak orang telah membuat rencana tentang sasaran dan tujuan hidupnya, namun sedikit yang benar-benar malaksanakannya, mengapa ? menurut pandangan saya, karena mereka tidak memahami untuk apa sasaran atau tujuan yang mereka ingin capai itu, dengan kata lain, mereka tidak mengetahui alasan yang jelas tentang sasaran atau tujuan itu. Inilah yang membuat orang segan untuk melakukan tindakan-tindakan yang di butuhkan.

Agar suatu sasaran atau tujuan itu benar-benar memberikan dorongan-dorongan yang kuat kepada anda, menurut padangan saya, kita perlu mempertanyakan atau mengetahui alasannya mengapa kita ingin mencapai sasaran itu.
Sebab tanpa adanya pengetahuan yang memadai tentang alasan-lasan kita sendiri untuk mencapai sasaran itu, sudah pasti kita tidak tergerak untuk melakukannya.
Alasan-alasan mengapa kita harus melakukan sesuatu untuk mencapai sasaran itu, kita kenal dengan misi – pernyataan misi. Oleh karena itu setelah kita menyusun suatu sasaran, tentu nya kita juga harus membuat suatu pernyataan misi yang mendukung tercapainya sasaran itu.

Apa Pernyataan Misi itu ?

Pernyataan Misi Kehidupan adalah alasan seseorang melakukan apa yang ingin mereka lakukan dalam hidup nya – mengapa anda ingin melakukannya.

Pernyataan misi akan mendukung tercapainya sasaran hidup anda, dan juga membantu memastikan bahwa anda akan mengerjakan hal-hal yang benar dalam mencapai sasaran itu.

Bagaimana menuliskan pernyataan misi anda sendiri

1. Tuliskan sasaran atau tujuan anda secara spesifik, jelas dan anda yakini.
2. Tanyakan pada diri sendiri : apa yang ingin saya capai dalam kehidupan ini dengan memiliki sasaran itu ? atau mengapa saya harus mencapai sasaran ini ?
3. Tanyakan pada diri sendiri : mengapa saya menginginkan sasaran ini ?


Jawaban atas pertanyaan ini akan mengungkapkan isi hati atau motivasi di balik tindakan anda dan kesan yang lebih jauh mengapa sasaran anda sangat penting. Bila anda menuliskan sasaran atau tujuan , sebenarnya itu akan merealisasikan pemikiran anda dan menolong anda untuk berfokus pada sasaran.
Pernyataan misi dapat anda modifikasi dan di perbaiki kapan saja dan di sesuaikan dengan perkembangan, dan oleh karena itu anda dapat terus menyesuaikan pernyataan misi anda seiring berjalannya waktu. Dengan menyusuaikan atau mengaturnya lagi, sebetulnya secara bersamaan anda mengatur ulang keseluruhan arah hidup anda.

Apa yang akan anda dapatkan dari Pernyataan misi ?

1. Memberi anda inspirasi, arah, fokus, dan konsistensi dalam semua tindakan.
2. Menjaga agar anda tetap pada jalur untuk mencapai sasaran.
3. Meningkatkan efektivitas pribadi karena anda tahu tujuan dan arah untuk mencapai sasaran.
4. Menjadi pendorong dan sarana untuk menyederhanakan kehidupan anda dan mengurangi rasa tertekan pada diri anda.
5. Meningkatkan kemampuan mengevaluasi sasaran anda dan kemampuan untuk cepat mengambil keputusan positif.


Pembaca yang budiman, sesungguhnya kita masing-masing memenuhi definisi tentang diri kita sendiri, karena apa yang kita katakan ( definisikan ) sangat mempengaruhi masa depan kita. Ketika kita telah mengevaluasi dengan cermat mendefinisikan pernyataan misi kita dan menuliskan semua nya itu, maka kita mempunyai suatu definisi yang baik untuk melandasi harapan, sasaran dan impian kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar