Minggu, 26 Desember 2010

Tersenyum dalam kehidupan

Janganlah mengisi hidup dengan bersunggut-sungut, kesal, jengkel dan putus-asa, tetapi hendaknya belajar untuk tersenyum dalam kehidupan Anda.
be well,
Dwika - ExecuTrain






Mentertawakan Kehidupan
**soegianto hartono

Sesibuk apapun kita bekerja, jangan lupa untuk tertawa. Banyak hal yang terjadi dalam hidup kita yang tidak dapat kita atur, kendalikan, perkirakan, atau cegah. Apakah pengalaman itu baik, buruk, atau menyebalkan, kita sedang menjalani kehidupan. Itulah Kehidupan.
Kehidupan itu tidak dapat kita prediksi atau kita atur sesuai keinginan kita, tetapi ada satu hal yang bisa kita kendalikan yaitu kemampuan kita untuk tertawa.
Bila kita kehilangan kemampuan untuk tertawa, kita kehilangan kemampuan untuk berpikir. Bila kita menjalani hidup terlalu serius, kita akan semakin banyak memikirkan siatuasi negatif di sekitar kita. Ini yang akan menimbulkan kekecewaan, kurang iman, putus asa, dan kepahitan dalam hidup kita. Tetapi tertawa membuat kita mampu mempertahankan perspektif yang sehat dan menjaga kejernihan pikiran.
Dalam keseharian kita, memang selalu ada alasan untuk tertawa dan untuk tidak tertawa, kita lah yang harus menentukan mana yang akan kita lakukan.

Tertawa itu sendiri mempunyai manfaat yang cukup besar terhadap diri kita, bila kita bisa tertawa, manfaat yang akan kita dapatkan :

1. Tertawa itu baik.

Tertawa itu baik bagi kesehatan kita, tertawa terbukti dapat menurunkan tekanan darah, menaikkan sistem kekebalan tubuh, dan memperpanjang usia seseorang. Sebaiknya saat punya uang atau tidak, seharusnya kita tidak kehilangan rasa humor - tertawa.
Bila seseorang dalam keadaan Stress, itu terbukti menjadi penyebab terbesar berbagai penyakit. Sebab ada kaitan yang erat antara pikiran dengan tubuh kita. Jadi tertawa lah agar sehat.

2. Kekuatan dalam tertawa

Menggunakan humor sebagai alat untuk menenangkan situasi yang cenderung sulit adalah sumber yang berharga.
Tertawa mempunyai kuasa untuk mengubah dunia kita, membuat kita mampu melihat segala hal dari sudut pandang yang benar, dan membuat kita mampu untuk terus maju, bahkan ketika perlawanan tampaknya tak terbendung.
Tertawa mempunyai kuasa untuk menggerakkan, mengilhami, dan menyembuhkan kita, selain itu, tertawa juga mempunyai kuasa untuk mengubah orang-orang di sekitar kita.
Apalagi, bila kita dapat menertawakan diri sendiri, kita akan selalu mempunyai bahan tertawaan yang menarik buat orang lain.

3. Menyenangkan orang
Berdekatan dengan orang yang suka tertawa lebih menyenangkan. Biasanya mereka lebih santai dan bersikap positif, mereka tidak membuat kita berkecil hati dan juga tidak suka menghakimi.
Tertawa adalah berkat bagi orang-orang di sekitar kita. Tertawa menyemarakkan saat bahagia dan meringankan saat kondisi suram sedang berlangsung. Jadikan tertawan sebagai hidup kita, yang menyemarakan dalam menjalani kehidupan bersama orang lain, sehingga kita bisa menikmati hidup bersama mereka.

4. Tertawa adalah guru yang baik

Tidak ada kehidupan yang sempurna, tetapi tertawa selalu lebih baik daripada bersedih, marah atau putus asa. Gunakanlah tertawa untuk mempermudah pekerjaan. Apapun yang sedang kita lakukan, sertakan tawa dalam kegiatan kita dan lihatlah apa yang akan terjadi.
Dalam hidup ini selalu ada dua pilihan, maka pilihlah untuk tertawa.

Agar hidup kita lebih nyaman, lebih ringan dan lebih semarak, adalah bijaksana untuk menggunakan rasa humor atau tertawa sebagai sisipan dalam aktivitas kita sehari-hari. Pepatah Jepang mengatakan : “ Keberuntungan selalu datang pada orang-orang yang tersenyum..” Oleh karena itu jadikan tertawa sebagai bagian dari hidup anda, tetapi jangan sembarangan tertawa, pelajari dulu situasinya sebelum kita tertawa :
1. Belajarlah bersikap lebih santai, bersemangat, dan banyak tertawa.
2. Belajarlah untuk peka pada berbagai jenis humor.
3. Pertimbangkan tepat tidaknya saat kita akan melontarkan lelucon.
4. Jangan mentertawakan seseorang, tetapi tertawalah bersama mereka.
5. Tetapkanlah aturan dasar diri sendiri untuk tertawa.

Bila kita ingin tertawa, tertawalah ketika :
1. Tidak ada yang dapat kita lakukan kecuali tertawa.
2. Salah satu atau anda berdua sama-sama tidak mengerti apa yang harus di lakukan selanjutnya.
3. Anda harus menetapkan pikiran anda untuk menangani secara positif situasi yang negatif.
4. Ketika anda membutuhkan penyaluran yang aman untuk membantu menyembuhkan rasa sakit karena kesedihan yang mendalam.

Janganlah mengisi hidup dengan bersunggut-sungut, kesal, jengkel dan putus-asa, tetapi hendaknya belajar untuk mentertawakan kehidupan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar