Selasa, 07 Desember 2010

Sikapi perubahan

Kalau anda bersikap positif, anda akan memandang bahwa setiap perubahan itu mengandung suatu tujuan positif bagi diri kita. Anda kesempatan yang tersembunyi yang bisa menjadi suatu potensi besar bagi kemajuan prestasi kita. Perubahan itu perlu terjadi dalam kehidupan setiap orang, ini lah kesempatan untuk meraih suatu prestasi yang luar biasa. Sikapilah perubahan itu dengan bijaksana.
Be well,
Dwika Sudrajat
ExecuTrain




Hidup Sukses dan Kaya
**Soegianto Hartono

Menyikapi perubahan dengan bijaksana.

Stephen R.Covey mengatakan bahwa apa yang tidak pernah berubah di dunia ini adalah perubahan itu sediri. Ini menunjukkan bahwa perubahan itu selalu terjadi, dimana saja, kapan saja dan apa saja.

Dalam dunia kerja dan bisnis perubahan pasti terjadi, karena jika tidak ada perubahan, maka perusahaan tidak mungkin bisa menjadi besar. Demikian juga bila tidak ada perubahan manajemen, seseorang juga tidak mungkin bisa meningkat karier dan jabatannya. Oleh karena itu perubahan perlu terjadi.

Namun tidak sedikit orang yang yang mampu dan ikhlas menerima perubahan ini, dan inilah orang-orang yang suka komplain, jengkel , kecewa dan marah terhadap perubahan itu. Orang-orang ini yang sebetulnya sedang mengalami Krisis.

Definisi tentang Krisis adalah tidak mau atau tidak bisa menerima perubahan. Bila seseorang tidak bisa menerima perubahan atau bahkan menolak perubahan, merekalah orang-orang yang sedang mengalami krisis.

Janganlah memandang perubahan ini sebagai sesuatu yang menakutkan atau mengancam hidup anda, karena di dalam perubahan itu terkandung dua kemungkinan yang pertama adalah suatu ancaman, dan yang kedua adalah suatu kesempatan baik. Disini kita harus bijaksana dalam menentukan pilihan ketika sedang menghadapi perubahan itu. Bila anda memilih ancaman sebagai respon terhadap perubahan, maka anda sendirilah yang menutup kesempatan-kesempatan baik itu hadir di hadapan anda. Oleh karena itu pandanglah bahwa perubahan itu sebagai kesempatan baik bagi anda, dengan demikian anda akan tetap optimis, semangat dan bergairah dalam bekerja atau menjalankan bisnis anda.

Kita tidak bisa menolak datangnya perubahan ini, karena kapan dia akan datang dan kapan akan pergi tidak bisa kita prediksi. Itu adalah misteri hidup. Tugas kita hanyalah merespons perubahan itu dengan bijaksana, bukan meramalkan perubahan. Adalah bijaksana bila kita ikut mengalir bersama perubahan itu, dan nikmati apa saja yang bisa anda nikmati ketika perubahan itu sedang berlangusung.

Dalam menghadapai perubahan, tidak ada jalan lain kecuali kita harus bersikap positif terhadap perubahan itu. Sikap mental positif ini justru sangat di perlukan ketika perubahan ini terjadi, bukan hanya ketika situasi baik-baik saja, kalau tidak anda akan kecewa dan frustrasi.

Kalau anda bersikap positif, anda akan memandang bahwa setiap perubahan itu mengandung suatu tujuan positif bagi diri kita. Anda kesempatan yang tersembunyi yang bisa menjadi suatu potensi besar bagi kemajuan prestasi kita.

Akhir kata, perubahan itu perlu terjadi dalam kehidupan setiap orang, karena ini lah kesempatan untuk meraih suatu prestasi yang luar biasa. Jadi sikapilah perubahan itu dengan bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar