Minggu, 05 Desember 2010

To-Do-List

Perencanaan jangka pendek Anda dibuat dalam periode bulanan, mingguan dan harian. Daftar perencanaan harian sering disebut dengan To-Do-List. Daftar ini berisi aktivitas atau tugas-tugas yang harus dikerjakan hari itu.
be well,
Dwika



Pentingnya Membuat Perencanaan
Oleh: AnneAhira.com

Perencanaan Itu Penting

Ketahuilah bahwa gagal merencana itu sama dengan merencanakan gagal. Membuat Perencanaan adalah aktivitas yang berada di urutan pertama dalam sebuah siklus manajemen. Perencanaan menjadi penunjuk arah bagi tindakan agar setiap kegiatan memiliki tujuan yang jelas dan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

Membuat perencanaan harus dibuat berdasarkan kenyataan. Maksudnya adalah Anda hendaknya membuat perencanaan berdasarkan pada apa yang mungkin Anda capai. Manfaat paling besar dari melakukan perencanaan adalah menyelesaikan setengah pekerjaan. Good plan is half work done.

Sebelum membuat perencanaan kegiatan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan, diantaranya:

1. Lihatlah kondisi Anda secara obyektif. Apakah Anda termasuk orang yang efektif menggunakan waktu? Seberapa sering Anda menunda pekerjaan? Dan seterusnya.
2. Lakukan evaluasi pada kehidupan social Anda. Apa peran dan posisi Anda dalam berhubungan dengan orang lain?
3. Pelajari tentang manajemen waktu
4. Rumuskan visi, misi dan tujuan hidup Anda.

Perencanaan Jangka Panjang

Perencanaan jangka panjang dibuat untuk jangka waktu yang panjang. Perencanaan jangka panjang sangat berhubungan dengan visi, misi dan tujuan hidup seseorang. Rencana jangka panjang dari kehidupan seseorang ini biasanya dituliskan dalam sebuah buku harian. Pada saatnya, ia akan melihat bahwa satu-persatu hal yang direncanakan itu akan terwujud satu persatu.

Perencanaan Jangka Pendek

Perencanaan jangka pendek dibuat untuk menerjemahkan perencanaan jangka panjang dalam daftar aktivitas dan langkah-langkah yang akan dilakukan dalam periode waktu yang lebih pendek. Biasanya perencanaan jangka pendek ini dibuat dalam periode bulanan, mingguan dan harian. Daftar perencanaan harian sering disebut dengan To-Do-List. Daftar ini berisi aktivitas atau tugas-tugas yang harus dikerjakan hari itu.

Tips Membuat To-Do-List

1. Buatlah daftar tindakan. Cantumkan sebanyak-banyaknya tindakan yang akan Anda lakukan hari itu.
2. Tentukan prioritasnya, dari yang paling penting sampai dengan yang paling tidak penting berdasarkan kepentingannya
3. Tentukan jadwal. Jadwal ini dibuat untuk mengatur waktu pelaksanaan dari aktivitas yang telah Anda masukkan dalam daftar tindakan.

Demikianlah, selamat merancang dan membuat perencanaan untuk keberhasilan hidup Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar