Sabtu, 11 Desember 2010

Knowledge Management

Manfaat implementasi KM pada Organisasi
**rolles.blog.binusian.org

KM terlihat sepele, tetapi bisa memberikan kontribusi dan inspirasi bagi organisasi dalam mengembangkan organisasi tersebut ke arah yang lebih terstuktur, bersaing dan maju. mengapa?

1.Meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan
2.Meningkatkan respons terhadap pelanggan
3.Meningkatkan efisiensi cara kerja dan proses
4.Meningkatkan kemampuan dalam berinovasi
5.Meningkatkan jumlah produk atau jasa

Semua manfaat knowledge management dapat dipetik, karena adanya kemudahan mengakses informasi yang dibentuk oleh berbagai dokumentasi pengalaman terdahulu. Akses informasi yang cepat dan mudah, tidak selalu bertumpu pada dokumentasi yang terismpan dalam computer, namun karena adanya budaya organisasi untuk melakukan knowledge-sharing melalui media dan forum yang bersifat formal maupun informal

Muara dari semua teknik Knowledge management bagi kebutuhan bisnis yakni bagaimana perusahaan dapat tetap melayani kebutuhan pelanggan dengan melakukan beberapa hal berikut:

1.Menangkap informasi
2.Meningkatkan keluwesan dan adaptasi perusahaan
3.Beroperasi dengan fixed assets dan overhead
4.Sumber daya manusia, persediaan dan fasilitas yang optimal
5.Menciptakan, berbagi knowledge dan terus belajar
6.Memberdayakan karyawan
7.Melakukan inovasi
8.Memperpendek waktu produksi
9.Menghasilkan produk yang bermutu
10.Mempercepat pelayanan
intinya, service kepala pelanggan mustahil bisa dicapai apabila fokus perusahaan sendiri tidak jelas. selain itu perusahaan tidak akan bisa berkembang, hanya akan mampu bertahan sambil menunggu waktu dikubur oleh pesaing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar