Selasa, 07 Desember 2010

Inner beauty

Luangkan waktu yang cukup untuk membangun inner beauty, serta mengembangkan dan memantapkannya. Karena ini adalah salah satu harta karun anda.
be well,
Dwika
ExecuTrain


Citra diri dan Kecantikan
**Soegianto Hartono

Kecantikan fisik – wajah dan tubuh - seseorang mudah di kenali, dan sudah umum bahwa orang tertarik dengan orang lain karena kecantikan fisiknya. Dan berbahagialah orang-orang yang memiliki kecantikan fisik, karena ini juga salah satu anugerah Tuhan.
Namun apalah artinya kalau kecantikan fisik tidak di barengi dengan kecantikan hati. Mungkin setelah orang mengenal anda karena kagum kecantikan fisik anda, lalu akan menjauh lagi setelah mengenal lebih dalam tentang kecantikan hatinya.

Kecantikan hati, orang sering menyebutnya dengan Inner Beauty – saya lebih suka menyebutnya kecantikan batin. Dan ini lah yang sebenarnya menjadi daya tarik yang luar biasa, lebih dahsyat dari pada daya tarik kecantikan fisik.
Setiap orang memiliki inner beauty – ini salah satu harta karun yang anda miliki - dia tersembunyi di dalam diri kita. Dan kita bisa mencari, menemukan, menggali dan mengeluarkannya dari tempat penyimpanannya.

Apa sih Inner Beauty itu ?
Sifat-sifat positif dan universal seperti : Kasih, Percaya diri, Bijaksana, Jujur dan masih banyak yang lain. Bila sifat-sifat ini kita internalisasikan , kita jiwai dan kita praktekkan dalam aktivitas sehari-hari secara berulang-ulang, maka lama kelamaan akan muncul kecantikan batin kita. Dan kecantikan batin ini akan bisa di rasakan oleh orang-orang yang berada di sekeliling kita, karena memancar keluar dan bisa menembus hati orang lain.

Apa yang anda pikirkan tentang sifat-sifat universal ini, anda gambarkan dalam pikiran anda dan anda aplikasikan dalam perbuatan anda, ini juga akan membentuk citra diri positif untuk diri anda.
Maka citra diri itu sebetulnya meliputi citra-citra yang bersifat baik fisik maupun emosional ( batin ). Sebagai contoh bila anda sedang marah kepada seseorang, sikap anda, ucapan anda maupun tindakan anda akan kelihatan tidak sedap di hadapan orang lain, maka secara keseluruhan akan membuat citra diri anda negatif. Walaupun anda memiliki penampilan fisik yang cantik dan baik, penampilan fisik ini tidak bisa banyak membantu anda, mungkin saja kecantikan fisik itu akan mendelep.

Sebaliknya bila kecantikan batin kita sangat baik, maka kekurangan kita atas kecantikan fisik masih bisa diatasi oleh kecantikan batin ini, dan secara keseluruhan orang masih akan menilai positif diri anda.
Kalau anda ingin kelihatan cantik yang sejati, sudah selayaknya anda harus membangun kecantikan batin jauh melebihi kecantikan fisik. Dan dengan kecantikan batin yang positif dan kuat, anda akan mendapatkan banyak manfaat darinya.

Oleh karena itu, luangkan waktu yang cukup untuk membangun inner beauty, serta mengembangkan dan memantapkannya. Karena ini adalah salah satu harta karun anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar