Selasa, 07 Desember 2010

Lingkaran kecil

Zona nyaman sudah menjebak kita. Kenyamanan membuat kita bergerak berputar di lingkaran kecil tindakan yang menurut kita nyaman dan tidak melihat lingkaran yang lebih besar dimana pencapaian besar bersemayam.
be well,
Dwika
ExecuTrain



Kemapanan Adalah Musuh Terbesar Pertumbuhan
Sumber: A-Raya Tour And Travel

Dalam acara salah satu stasiun TV beberapa bulan yang lalu saya masih ingat apa yg pernah di bilang Mario Teguh bahwa "Kemapanan adalah Musuh Terbesar Pertumbuhan". Setiap ngobrol santai sama teman kadang sering saya sentil omongan Mario Teguh itu. Dan sebagian dari temen-2 saya malah bilang...aghhh....teori yang aneh ?

Hmmmm, berbagai orang di penjuru dunia memang berlomba – lomba mengejar kemapanan ? Dan anda yg kebetulan baca tulisan ini mungkin sepakat kalau kemapanan berarti zona nyaman. Zona nyaman bermakna area dalam kehidupan kita dimana kita nyaman hidup di dalamnya sehingga kita selalu hidup dan mengulangi area kecil dalam hidup kita.
Nah sekarang coba kita perhatikan mereka yang hidupnya biasa – biasa saja. Mereka yang hidupnya biasa – biasa saja adalah mereka yang tidak melakukan perubahan atau inovasi dalam hidupnya. Ya begitu – begitu saja.

Pertanyaannya adalah.... mengapa mereka begitu – begitu saja dan tidak melakukan perubahan / inovasi ? Karena mereka terjebak dalam perputaran kehidupan. Mereka terlanjur nyaman dalam pola kehidupan yang dijalani. Masalahnya berikutnya adalah, pola hidup yang mereka jalani merupakan pola hidup yang tidak mengarah pada pencapaian luar biasa.

Contoh sederhana : Kita lihat para mahasiswa. Berapa banyak mahasiswa yang pencapaiannya luar biasa ? Jawabnya Sedikit. Maaf kalau saya simpulkan seperti ini, namun kenyataannya adalah kebanyakan mahasiswa negeri ini masih menjadi beban finansial bagi orang tuanya. Apakah beban finansial yang ditanggung oleh orang tua merupakan kenyamanan ? Kebanyakan pasti berkata iya. Cukup menuntut ilmu dengan serius, dan biarkan biaya kehidupannya ditanggung orang tua. Hidup seperti itu nyaman sekali. Itulah alasan kebanyakan mahasiswa terjebak dalam pola kuliah – nongkrong – mengerjakan tugas – istirahat. Mana pola yang mengarah kepada penciptaan inovasi kehidupan ?

Zona nyaman sudah menjebak kita. Kenyamanan membuat kita bergerak berputar di lingkaran kecil tindakan yang menuru tkita nyaman dan tidak melihat lingkaran yang lebih besar dimana pencapaian besar bersemayam.

Saya jadi ingat semasa kuliah disalah satu PT di kota malang beberapa tahun yang lalu. Saat itu, sepulang kuliah saya lebih sering untuk tidak langsung pulang ke kos-an dan memilih untuk mengambil barang-2 dagangan orang buat saya titipkan ke kos-2 an temen-2 sekedar untuk menambah uang saku pada saat itu. Hmmmm, itu yang membuat sedikit terlatih meski harus berbagai konsentrasi dengan tugas-2 kuliah.

Sekarang, coba kita lihat kehidupan kita masing – masing. Apa zona nyaman kita ? Apa yang dihasilkan oleh tindakan yang hanya berputar di zona nyaman saja ? Apa tujuan besar hidup kita ? Apakah kita memutuskan untuk keluar dari zona nyaman kita dan melakukan perubahan ? Atau enjoy dengan kehidupan kita sekarang ? Yang jelas hidup adalah untuk menjadi pribadi yang selalu
lebih baik setiap harinya, mari bergerak melakukan perubahan.

Saya menuliskan hal ini bukan karena saya SUDAH menjadi orang yang tidak biasa – biasa. Saya menyampaikan ini karena saya JUGA ingin keluar dari kenyamanan yang menjebak saya. Karena saya hanya ingin memotivasi diri sendiri. Dan kalau anda menjadi termotivasi mungkin itu adalah bonus buat saya.

Selamat keluar dari zona nyaman !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar