Selasa, 07 Desember 2010

Menjadi orang penting

Dengan memberi sebetulnya anda mencintai orang lain, bila anda bisa mencintai orang lain pasti anda akan menjadi orang penting, karena semakin banyak orang yang akan mau mendekat kepada anda.
be well,
Dwika
ExecuTrain


Citra diri dan Kesepian
**soegianto hartono

Kesepian adalah produk dari pikiran. Kalau anda menyukai diri sendiri, orang lain juga akan menyukai anda. kalau anda menyukai diri sendiri, anda lebih mudah bergaul dan bersahabat dengan siapa saja.
Bila anda merasakan diri anda sebagai orang yang kekurangan, rendah diri dan tidak layak. Anda akan sulit untuk berbagi, bertenggang rasa, memahami dan menyayangi orang lain. Akan muncul perasaan tidak rela atau tidak ikhlas untuk melayani orang lain, apa lagi bisa memberi perhatian dan mengagumi orang lain.

Perasaan ini yang menghambat seseorang untuk bergaul dan bersahabat dengan baik kepada orang-orang di sekitar nya. Mereka akan cenderung menghindar atau menutup dari orang lain, karena takut terluka hatinya. Walaupun mereka berada di keramaian, mereka tidak bisa menikmatinya dan tetap merasakan kesepian.
Dan ciri orang yang kesepian adalah orang yang ingin selalu menerima, tetapi tidak rela untuk memberi.

Konsepsi tentang diri sendiri yang negatif akan membuat seseorang merasa tidak berharga dan perasaan tidak berharga inilah yang menyebabkan kesepian.
Yang jelas kalau citra diri seseorang itu buruk atau negatif, dia tidak bisa hidup bersama dirinya sendiri. Dia akan membenci atau menolak dirinya sendiri. Dan inilah sumber ketidak-bahagiaannya, yang mengakibatkan dirinya sulit untuk mengagumi orang lain apalagi bisa bergaul dengan baik dengan orang lain.
Kesepian bisa diatasi jika kita mau merubah pemikiran kita tentang siapa diri kita. Dengan merubah pandangan terhadap diri sendiri menjadi semakin positif, kita akan merubah cara pandang kita terhadap orang lain. Kita bisa merubah sikap dan perilaku kita dalam berhubungan dengan orang lain.

Pandanglah diri anda sendiri sebagai orang yang berkecukupan dan juga pandanglah diri anda sebagai orang yang memiliki rasa kasih sayang. Jika kedua hal ini terus-menerus anda tanamkan ke dalam pikiran anda, lalu anda bayangkan bahwa diri anda adalah orang yang berkecukupan dan orang yang penuh kasih sanyang, berangsur-angsur sikap dan perilaku anda akan berubah.
Kalau anda bersikap mencintai orang lain, maka anda akan lebih dekat kepada diri sendiri dan citra diri anda akan semakin sehat.

Anda akan lebih mudah bergaul dengan orang lain, dan yang pasti anda akan lebih bisa menyayangi diri sendiri – menerima diri sendiri.
Kemampuan mencintai sesungguhnya merupakan suatu kemampuan untuk memberi kepada orang lain tanpa pamrih, dan ini akan membantu anda untuk menerima diri sendiri seperti apa adanya, serta memberikan dimensi yang sebenarnya kepada citra diri anda. Memberi akan meningkatkan citra diri anda.

Memberi menyebabkan anda bisa menggapai orang lain, dan hidup lebih penuh.
Dengan memberi sebetulnya anda mencintai orang lain, bila anda bisa mencintai orang lain pasti anda akan menjadi orang penting, karena semakin banyak orang yang akan mau mendekat kepada anda.
Perlu anda mengingatnya bahwa : Kemampuan anda untuk membina persahabatan yang tulus dan tahan lama tergantung pada kekuatan citra diri anda. Dan persahabatan yang tulus itulah yang membuat anda tidak akan pernah lagi kesepian.
Diposkan oleh SHARE HAPPINESS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar