Selasa, 07 Desember 2010

Sehat, ceria dan bahagia

Bila anda menggambarkan diri anda sebagai orang yang sehat, ceria dan bahagia, tentu anda akan memiliki kesehatan yang lebih baik. Karena citra diri adalah keyakinan anda tentang diri anda sendiri.
be well,
Dwika
ExecuTrain




Citra diri dan Kesehatan Fisik
**Soegianto Hartono.

Setiap orang tentu mengidam-idamkan kesehatan fisik yang baik dan prima, karena kesehatan ini sangat penting. Tanpa kesehatan fisik yang baik, pekerjaan kita akan terganggu dan juga kesehatan ini merupakan salah satu faktor yang bisa membuat kita bahagia. Nampaknya kesehatan ini sulit untuk di kendalikan. Kita sering kali kecolongan, dan tiba-tiba bisa jatuh sakit.
Untuk mempertahankan tingkat kesehatan yang baik, saya percaya telah banyak yang dilakukan oleh orang, misalkan dengan berolah-raga, mejaga makanan dan mengkonsumsi makanan supplemen dan lain sebagainya. Dan tentunya ini semua membutuhkan biaya yang cukup besar.

Namun apakah anda pernah mengambarkan bahwa diri anda sebagai orang yang sehat dan energik ? penggambaran diri inilah yang sesungguhnya berpengaruh pada tingkat kesehatan kita.
Kesehatan fisik berkaitan erat dengan citra diri seseorang, bila anda menggambarkan diri anda sebagai orang yang sehat, ceria dan bahagia, tentu anda akan memiliki kesehatan yang lebih baik. Karena citra diri adalah keyakinan anda tentang diri anda sendiri. Dan menurut Joseph Murphy dalam bukunya the Power of Your Subconcious Mind di katakan bahwa apa yang kita yakini cenderung terjadi.
Citra diri bisa membuat kita lebih sehat atau tidak sehat. Ini semua tergantung dari citra-citra yang kita yakini dan tanamkan di dalam pikiran.

Dalam bukunya The New Psycho-Cybernetic, Maxwell Maltz mendefinisikan : citra diri adalah konsep tentang diri sendiri yang terbentuk dalam suatu gambaran mental yang di yakini sebagai kebenaran.
Konsep anda tentang diri sendiri akan membentuk siapa diri anda termasuk kesehatan fisik anda. Jadi kita harus hati-hati dalam memilih citra-citra yang akan kita tanamkan dalam pikiran kita. Bila citra itu negatif maka yang negatif itulah yang akan menjadi diri anda. Sebaliknya bila citra itu positif, maka jadilah anda seorang yang positif.

Menurut saya pemilihan dan penetapan citra-citra ini sangatlah penting dan harusnya di lakukan dengan cermat. Karena citra-citra inilah yang menentukan baik dan buruknya kesehatan kita.
Kalau anda ingin bisa mengendalkan kesehatan anda, terlebih dahulu rubahlah citra-cita negatif yang telah tertanam dalam pikiran anda selama ini dengan hal-hal yang positif. Barulah secara berangsur-angsur kesehatan anda akan menjadi lebih baik.

Cobalah anda menenggok kembali ke dalam diri anda, apakah anda menggambarkan diri anda sendiri secara positif atau negatif, gambaran positif mendukung kesehatan anda tetapi gambaran yang negatif akan melemahkan kesehatan anda. jika anda menemukan bahwa lebih banyak hal-hal negatif, rubahlah secepatnya agar anda bisa hidup lebih sehat, lebih bebas, dan bahagia.
Ingatlah selalu apa yang di katakan oleh Ralp Waldo Emerson : Anda adalah apa yang anda pikirkan sepanjang hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar