Rabu, 08 Desember 2010

Anda orang yang sabar

Anda bekerja dengan sabar, berkonsentrasi pada pekerjaan, semakin baik hasil pekerjaan anda. Apa pun yang anda berikan perhatian, akan tumbuh dan berkembang. Ide-ide kreatif anda muncul, manfaatkan untuk memberikan nilai tambah pada pekerjaan anda.
Be well,
Dwika Sudrajat
ExecuTrain




**Soegianto Hartono
Orang sabar disayang Tuhan

Setiap orang pernah mengalami terlambat bangun di pagi hari, lalu berangkat ke kantor dengan tergesa-gesa. Apa yang sedang terjadi kalau anda tergesa-gesa berangkat ke kantor? Ada perasaan jengkel dan marah pada diri sendiri. Namun sering kali kita lampiaskan kemarahan dan kejengkelan ini kepada orang lain atau keadaan di sekeliling kita. Kalau di jalanan sedang macet, anda mengumpat kemacetan. Kalau ada orang yang menegur anda, anda cuekin. Ya ini lah dampak dari ketergesaan.
Ketergesaan terjadi karena pikiran sedang tidak hadir secara penuh di dalam tubuh kita. Akibatnya kejengkelan, kemarahan dan kebencian akan muncul pada diri kita. Kalau anda tergesa-gesa berangkat ke kantor, sebetulnya pikiran anda sudah berada di kantor, dan berjumpat dengan atasan anda yang siap untuk menegur anda. Sedangkan tubuh anda masih dalam perjalanan menuju kantor. Karena tubuh anda ketinggalan, maka anda pun jadi marah dan jengkel.
Ketergesaan adalah turunan dari rasa takut. Karena anda takut di tegur atasan, maka anda tergesa-gesa.
Bila anda sedang tergesa-gesa, sesungguhnya anda sedang mencemaskan masa depan.
Saat ini lebih penting dari pada masa depan. Saat ini adalah satu-satunya waktu yang paling berharga. Bukan masa depan. Saat ini lah yang mengendalikan masa depan anda. Jika anda berfokus pada saat ini, anda akan bisa menciptakan masa depan yang lebih baik.
Bila anda menyadari saat ini, anda berada pada kesadaran saat ini, yang berarti pikiran anda dan tubuh anda menyatu. Pikiran anda sedang tidak melayang kemana-mana, Anda bisa menyadari keberadaan tubuh anda. Ketika tubuh dan pikiran menyatu, rasa takut, cemas, gelisah dan kejejengkelan akan menghilang dari diri anda. Dan anda akan menjadi orang sabar.
Pepatah mengatakan : “ orang sabar di sayang Tuhan “. Kalau anda bekerja dengan sabar, anda pasti bisa berkonsentrasi pada pekerjaan anda. Semakin kuat konsentrasi anda , akan semakin baik hasil pekerjaan anda. Mengapa demikian ? Apa pun yang anda berikan perhatian, akan tumbuh dan berkembang. Kalau anda berkonsentrasi pada pekerjaan, maka ide-ide kreatif anda akan muncul, dan bisa anda manfaatkan untuk memberikan nilai tambah pada pekerjaan anda. Oleh karena itu hadirlah secara penuh ketika anda sedang bekerja. Bila anda hadir secara penuh, Tuhan akan hadir membantu menyelesaikan pekerjaan anda. Kalau Tuhan hadir dan berkarya melalui diri anda, sudah pasti hasil karya anda akan lebih baik.
Itulah makna dari pepatah : orang sabar di sayang Tuhan. Satukan pikiran dan tubuh anda, masuklah dalam kesadaran saat ini, dan jadilah orang yang sabar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar