Selasa, 07 Desember 2010

Cemaskanlah Mental Spiritual Intelektual dan Sosial

Uang dan kekayaan akan mengalir bebas dalam kehidupan anda, setelah anda mengembangkan empat bidang dibawah. Jangan pernah mencemaskan tentang uang, tetapi cemaskanlah mental, spiritual, intelektual dan hubungan sosial anda kalau semua ini tidak tumbuh dan berkembang dengan baik, perbaikilah terlebih dahulu.
be well,
Dwika
ExecuTrain


Makna Kesejahteraan
**Soegianto Hartono

Kesejahteraan sebenarnya bukan terletak pada memiliki lebih banyak uang dan kekayaan. Memiliki uang dan kekayaan lebih banyak tidak menjamin bahwa orang itu akan hidup sejahtera. Kalau anda perhatikan orang-orang di sekeliling anda, tentu anda akan menemukan orang yang kaya dan terkenal malah hubungan keluarganya berantakan. Ada juga yang di hinggapi rasa takut dan kecemasan. Banyak juga yang stres.
Makna hidup sejahtera yang sebenarnya adalah anda mulai mengalami kemajuan secara mental, spiritual, intelektual, sosial dan finansial.
Uang dan kekayaan, hanyalah sebagian dari kesejahteran itu. Dan tidaklah lengkap kesejahteraan anda bila mental, spiritual, sosial dan intelektual anda tidak tumbuh dan berkembang bersamaan dengan pertumbuhan kekayaan anda. Hidup anda menjadi tidak seimbang.
Oleh karena itu sebelum anda menjadi sukses dan kaya anda harus terlebih dahulu mengembangkan mental, spiritual, intelektual dan sosial-emosional anda.

Mental :
Tumbuh secara mental, maksudnya adalah bahwa anda telah merubah pola pikir anda. Dari pola pikir yang negatif menjadi pola pikir yang positif. Kalau dulu anda sering berfokus pada kekurangan atau pada apa yang belum anda miliki. Sekarang anda selalu memfokuskan pada kelebihan, kebaikan, kemampuan, dan segala apa yang telah anda miliki. Anda tidak lagi merasa kekurangan, sebaliknya anda merasa kecukupan. Pikiran anda tidak lagi di penuhi oleh kecemasan, ketakutan, stress dan masalah. Tetapi sekarang anda merasakan lebih damai, lebih tenang, dan lebih gembira.

Spiritual :
Tumbuh secara spiritual, artinya anda telah melepaskan semua keyakinan-keyakinan yang keliru yang menghambat kemajuan anda, dan sekarang anda bisa menerima diri sendiri dan mencintai diri anda sendiri. Sehingga keyakinan anda kepada diri sendiri semakin meningkat, demikian juga anda bisa bersyukur atas kebaikan dan segala berkat Tuhan. Semakin tinggi tingkat spiritualitas anda, semakin baik rasa kasih sayang anda kepada orang-orang di sekeliling anda. Karena anda akan menyadari bahwa orang-orang di sekeliling anda sama halnya dengan anda, mereka juga merupakan makhluk-makhluk ciptaan Tuhan seperti anda. dengan demikian anda bisa berbagai dengan orang lain.

Intelektual :
Secara intelektual, pengetahuan dan wawasan anda seharusnya semakin berkembang, anda menjadi semakin terbuka dan tidak berpikiran picik. Orang yang picik adalah orang yang ketakutan. Orang yang ketakutan disebabkan oleh kurangnya pengetahuan. Orang yang kurang pengetahuannya hanya mengandalkan emosi dan ego.

Sosial – Emosional :
Setelah mental, spiritual dan intelektual anda berkembang, hubungan-hubungan sosial anda akan ikut tumbuh dan berkembang. Anda bisa mengembangkan persahabatan yang lebih baik, yang tidak hanya di dasari oleh kepentingan bisnis, uang dan kekayaan belaka.
Jika hubungan sosial anda berkembang baik, emosi anda akan menjadi lebih baik dan nyaman. Anda tidak lagi merasa ketakutan dan cemas bila berhadapan dengan orang lain.
Mungkin kalau dulu anda selalu curiga bila bertemu dengan seseorang, kini anda akan menerima dirinya dengan senang hati tanpa perasaan curiga.
Sekarang Anda menjadi lebih peka dengan keadaan lingkungan anda. Anda menjadi lebih murah hati terhadap orang lain.

Finansial :
Yang terakhir, uang dan kekayaan akan mengalir bebas dalam kehidupan anda, setelah anda mengembangkan empat bidang diatas.
Jadi jangan pernah mencemaskan tentang uang, tetapi cemaskanlah mental, spiritual, intelektual dan hubungan sosial anda kalau semua ini tidak tumbuh dan berkembang dengan baik, perbaikilah terlebih dahulu.
Jadi kekayaan anda – uang dan meteri – merupakan cerminan dari sikap mental, spiritual, intelaktual dan sosial anda.
Semakin positif mental dan spiritual anda, semakin baik intelektual anda dan semakin baik anda menjalin hubungan sosial anda, maka tingkat kekayaan anda akan lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar