Rabu, 01 Desember 2010

Citra diri

Semakin baik citra diri kita, maka jalan menuju puncak keberhasilan akan semakin mudah.
be well,
Dwika-ExecuTrain




Pentingnya Memodifikasi Citra Diri
by Soegianto Hartono

Hukum alam mengatakan bahwa segala hal tidak ada yang permanen, akan terus terjadi perubahan di alam semesta ini. Perubahan mempunyai tujuan baik yaitu untuk evolusi dan tumbuh berkembang. Kita – sebagai manusia – yang tinggal di muka bumi ini merupakan bagian dari alam semesta ini. Kita juga merupakan subjek atas perubahan itu. Ketika anda menolak perubahan maka anda akan di perkecil atau di kerdilkan, dan anda akan menderita karenanya.

Citra diri seseorang tidak seharusnya statis dan kaku. Dia harus dinamis, dan terus menerus di perbaharui. Perubahan perlu di lakukan sesuai dengan pertumbuhan pengetahuan, kemampuan, minat-minat dan penemuan bakat-bakat anda, serta di sesuaikan dengan pertumbuhan kualitas diri anda saat ini. Di samping itu penyesuaian juga perlu di lakukan saat lingkungan di sekitar anda terjadi perubahan.

Tujuan untuk melakukan pembaharuan citra diri adalah agar menjadi lebih baik dan lebih sempurna dari waktu ke waktu. Sehingga anda bisa menampilkan kesan yang positif. Dan salah satu keuntungan yang bisa anda dapatkan adalah teman-teman anda, relasi-relasi anda, saudara-saudara anda akan lebih menyukai diri anda. Bila hal ini terjadi pada diri anda, tentu kebahagiaan akan anda rasakan.

Sebagai contoh, beberapa waktu yang lampau mungkin anda seorang yang kurang ramah, atau mudah tersinggung dan suka marah-marah; perilaku ini tentunya akan berdampak negatif pada hubungan-hubungan anda dengan orang lain. Teman-teman anda pasti akan menghindar dari anda. Bila sekarang anda sudah sadar, kemudian anda melakukan perubahan atas perilaku itu, anda berupaya memperbaiki perilaku yang kurang ramah ini agar menjadi lebih ramah., yang suka marah-marah menjadi lebih sabar. Tentu citra diri anda akan berubah menjadi lebih baik, dimana teman-teman anda akan mulai menyukai anda.

Mungkin dulu anda merasa diri sebagai orang yang bodoh, namun dengan berjalannya waktu dan betumbuhnya usia anda. Anda sadar bahwa diri anda memiliki kemampuan-kemampuan besar yang masih tersembunyi yang bisa anda manfaatkan untuk memperbaiki hidup anda. Jika itu anda yakini sebagai kebenaran tentang diri anda, jangan ragu-ragu lagi, munculkan potensi diri itu keluar dan ekspresikan diri anda sesuai dengan citra diri yang baru saja anda temukan itu. Dengan demikian anda telah melakukan pembaharuaan dalam hidup anda.

Memodifikasi citra diri dapat ada lakukan kapan saja. Anda tidak pernah terlalu muda atau terlalu tua untuk melakukan perubahan-perubahan. Anda bisa memulai hidup lebih sukses dan bahagia kapan saja dengan mengubah citra diri negatif yang menghambat hidup anda.

Kunci untuk melakukan pembaharuaan diri adalah :

1. Anda harus senantiasa mengamati diri anda. Anda harus terus mencari potensi yang masih tersembunyi. Sebab di dalam diri anda terdapat banyak potensi yang baik yang masih belum anda lihat. Anda harus tahu perkembangan diri anda sendiri.

2. Anda harus peka terhadap keberadaan diri anda. sikap dan perilaku anda harus bisa anda sadari. Dengan sadar akan sikap dan perilaku tersebut, anda akan lebih mudah melakukan perubahan. Biasanya orang yang tidak berubah karena dia tidak mengetahui sikap dan perilakunya sendiri.

3. Memilih citra-citra yang tepat sesuai kebenaran diri anda. Kalau anda tahu dengan pasti tentang siapa diri anda, akan memudahkan anda memilih citra diri yang sesuai untuk diri anda.

4. Lakukan modifikasi dengan pemrograman ulang citra diri anda, sehingga citra diri yang baru dapat menetap di dalam diri anda.



Memodifikasi citra diri adalah merupakan proses pembaharuan diri. Kita harus senantiasa memperbaharui diri, sebab kita harus terus menyempurnkan diri lebih baik dan lebih baik dari waktu ke waktu. Semakin baik citra diri kita, maka jalan menuju puncak keberhasilan akan semakin mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar