Rabu, 01 Desember 2010

Fokus perhatian anda

Fokus perhatian anda pada nafas semakin mantap, anda akan merasa semakin rileks dan lanjutkan perhatian pada nafas ini. Dan pada akhirnya anda akan tertidur.
be well,
Dwika




Menyembuhkan Kesulitan Tidur
by Soegianto Hartono

Tidur merupakan kesempatan untuk mengalami kebahagiaan. Ketika seseorang tertidur, maka segala masalah yang mengendap pada pikirannya sementara waktu lenyap. Selain itu ketika seseorang tertidur, sebetulnya di dalam tubuhnya sedang terjadi regenerasi sel-sel dimana sel-sel yang rusak akan di gantikan dengan sel-sel yang baru yang mendukung kesehatan dan kesegaran tubuh.

Tetapi, ternyata banyak orang yang mengalami kesulitan tidur, khususnya tidur di malam hari. Bila keadaan ini yang anda alami, alangkah menderitanya anda saat itu, bukan ?.

Ingatlah, bila anda sedang mengalami kesulitan tidur, sebetulnya pada saat itu pikiran anda sedang tidak menyatu dengan tubuh anda. Pikiran anda sedang berkelana kemana-mana mencari apa saja yang bisa menyenangkan diri anda.

Untuk mengatasi kesulitan tidur ini, anda tidak perlu menggunakan obat-obatan atau terapi khusus. Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk menyembuhkan kesulitan tidur anda : yang perlu anda lakukan adalah membawa kembali pikiran anda agar menyatu dengan tubuh anda, caranya :



1. Saat anda siap untuk tidur, berbaring lah di tempat tidur. Aturlah tubuh anda nyaman dan rileks. Dan pejamkanlah mata anda.
2. Tariklah nafas yang dalam dan kemudian hembuskan, lakukan hal ini beberapa kali.
3. Fokuskan pikiran anda pada pernafasan anda. Dengan cara bernafas lah seperti biasa, tetapi amati nafas masuk dan nafas keluar itu. Pikiran anda dalam keadaan memperhatikan saat anda menarik nafas dan juga saat anda mengeluarkan nafas.
4. Kalau ada pikiran-pikiran yang muncul pada layar kesadaran anda, abaikan semuanya itu. Jangan melibatkan diri dengan pikiran-pikiran yang muncul tersebut. Tugas anda hanya memperhatikan nafas itu saja. Kalau anda melibatkan diri dengan salah satu pikiran yang muncul itu, berarti anda tidak fokus lagi pada nafas, sehingga upaya anda menyatukan pikiran dengan tubuh anda tidak mungkin tercapai. Anda akan semakin kesulitan untuk tidur.
5. Saat fokus perhatian anda pada nafas semakin mantap, anda akan merasa semakin rileks dan lanjutkan perhatian pada nafas ini. Dan pada akhirnya anda akan tertidur.



Inilah cara sederhana untuk mengatasi kesulitan tidur, jika anda mempraktekkan langkah-langkah ini, problem kesulitan tidur anda itu akan dapat di atasi. Silahkan anda coba dan buktikan sendiri. Dan selanjutnya anda akan mudah tidur kapan saja saat anda menginginkannya.



Salam Bahagia dan Sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar