Selasa, 07 Desember 2010

Change your self-image

Anda mempunyai kemampuan untuk merubah diri anda jauh lebih baik dari yang saat ini anda alami. Berubahlah untuk hidup yang lebih baik.
Be well,
Dwika Sudrajat
ExecuTrain


Citra diri dan Kehidupan
**Soegianto Hartono

Apa yang sebenarnya di inginkan oleh setiap orang adalah Hidup lebih hidup – bergairah hidup, hidup yang bebas dan hidup penuh makna; dimana kita dapat merasakan suatu pengalaman menjalani kehidupan yang tak terhambat oleh batas-batas citra diri.
Namun kebanyakan orang terbelenggu oleh citra-citra negatif yang telah tertanam di dalam bawah sadarnya, sehingga mereka lebih sering mengeluhkan bahwa kehidupannya tidak memuaskan. Hidup dalam rutinitas yang sangat membosankan.
Bila saat ini anda merasakan bahwa kehidupan anda tidak memuaskan, atau anda hidup dalam rutinitas yang membelenggu, dan anda tidak secara bebas mengekspresikan diri anda. Amati diri anda dan renungkan apa yang belum tepat yang sudah anda lakukan dan apa yang selalu anda pikirkan !!!. Lalu rubahlah gambaran mental anda, maka kehidupan anda akan berubah.
Untuk benar-benar hidup lebih hidup atau dengan kata lain kita seharusnya dapat merasakan kehidupan ini memuaskan, damai, tenang dan bebas. Kita harus mempunyai citra diri yang memadai, positif dan realistik yang dapat kita terima. Citra diri itu seharusnya memiliki kriteria seperti di bawah ini :

1. Kita harus mengenal diri sendiri, baik kekuatan maupun kelemahan dan jujur dengan diri sendiri.
2. Kita harus dapat menerima diri kita sendiri.
3. Dengan menerima diri sendiri beserta bakat dan kemampuan yang kita miliki, maka harga diri akan lebih sehat. Kita tidak akan lagi merasa rendah diri.
4. Kita harus dapat yakin dan percaya pada diri kita sendiri.
5. Kita harus mempunyai diri yang tidak membuat malu, yang dapat secara bebas anda ekspresikan secara kreatif, daripada anda sembunyikan atau anda tutupi.
6. Citra diri yang kita kembangkan haruslah penggambaran yang masuk akal tentang “ diri kita “, tidak kurang dan tidak lebih dari siapa kita apa adanya.

Kriteria-kriteria ini lah yang selayaknya anda bentuk dan kembangkan pada diri anda. Bila anda telah merubah dan menyelaraskan apa yang anda miliki dari dalam diri anda sendiri, sudah barang tentu citra diri anda akan jauh lebih positif dari pada sebelumnya, dimana anda akan merasakan sesuatu yang lebih bebas dalam mengekspresikan diri anda.
Anda bisa melakukannya sendiri. Anda mempunyai kemampuan untuk merubah diri anda jauh lebih baik dari yang saat ini anda alami. Berubahlah untuk hidup yang lebih baik.
Change your self-image, change your life.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar