Selasa, 07 Desember 2010

Makhluk sosial

Ingatlah : anda harus bisa menikmati apa yang telah di sediakan oleh dunia ini. Untuk apa sukses dan kaya kalau anda tidak pernah menikmati kehidupan ini.
Be well,
Dwika Sudrajat
ExecuTrain


Luangkan waktu untuk relaksasi, meditasi, rekreasi dan bersosialisasi.
**Soegianto Hartono

Sebelum saya menjelaskan hal-hal diatas, cobalah untuk merenungkan tiga kalimat di bawah ini :
Hidup untuk bekerja, atau bekerja untuk hidup ?.
Hidup untuk uang atau uang untuk hidup ?.
Hidup untuk makan atau makan untuk hidup ?.
Bekerja, uang dan makan merupakan tiga hal yang penting dalam kehidupan setiap orang, namun sesungguhnya untuk mengisi kehidupan ini tidak hanya untuk bekerja, uang dan makan saja. Masih banyak hal lain yang juga tidak kalah pentingnya.
Hidup ini harus di jalani dengan keseimbangan, kita tidak bisa condong hanya untuk mengejar uang saja, atau bekerja tanpa ingat waktu. Ketidak seimbangan inilah bila berlangsung dalam jangka panjang akan berdampak kurang baik bagi diri kita sendiri. Mungkin saja kita bisa menghasilkan banyak uang, namun demikian kita akan kehilangan kesempatan untuk kebersamaan dengan keluarga dan mungkin bahkan kesehatan kita pun terganggu.
Untuk hidup dengan keseimbangan, adalah bijaksana bila kita bisa mengatur waktu kita untuk relaksasi, meditasi, rekreasi dan bersosialisasi.
Sebaiknya tidak memaksakan diri untuk terus bekerja tanpa mengenal istirahat. Berikanlah belas kasih kepada diri anda sendiri. Karena bila anda menghargai dan berbelas kasih kepada tubuh anda, maka tubuh akan dengan senang hati membantu anda untuk mendapatkan apa yang anda butuhkan.
Ketika bekerja anda akan banyak mengalami tekanan-tekanan yang bisa membuat anda stress. Dan bila anda stress maka kreativitas anda akan mampet, dan untuk mengatasi ini anda perlu merilekskan tubuh anda, sehingga otot-otot tubuh anda mengendor dan sekaligus menjernihkan pikiran anda. Dan akhirnya bisa berfungsi lebih baik untuk menghasilkan ide-ide cemerlang.
Meditasi, dalam meditasi buatlah renungan-renungan untuk menemukan solusi atas problem-problem anda. bayangkan suatu tindakan yang baru yang akan anda lakukan, sehingga anda bisa melakukannya lebih sempurna.
Rekreasi, termasuk di dalamnya olah raga. Luangkan waktu untuk rekreasi tentunya dengan mengikut sertakan anggota keluarga anda, sehingga anda bisa bersosialisasi dengan keluarga lebih baik. Dengan rekreasi pikiran anda akan kembali fresh dan lebih bersemangat.
Kita adalah makhluk sosial, kita tidak bisa hidup sendirian. Kita membutuhkan orang lain, dan sesungguhnya kita semua memiliki kesaling-tergantungan. Dimana adanya diri kita bertujuan agar bisa membantu orang lain untuk bahagia, demikian juga kehadiran orang lain bertujuan agar bisa membuat diri kita bahagia.
Melalui interaksi sosial inilah sesungguhnya anda menciptakan kesempatan bagi diri anda, anda bisa berkomunikasi dengan orang lain. Dan ketika komunikasi itu telah terjalin dengan baik. Maka akan muncul banyak kesempatan-kesempatan. Tujuan dari bisnis adalah menjual sesuatu kepada orang lain. Bila anda telah memiliki hubungan yang baik dengan banyak orang maka anda akan lebih mudah memilih prospek yang sesuai dengan produk yang akan anda pasarkan.
Ingatlah : anda harus bisa menikmati apa yang telah di sediakan oleh dunia ini. Untuk apa sukses dan kaya kalau anda tidak pernah menikmati kehidupan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar