Selasa, 07 Desember 2010

Self-esteem

Sukses yang sejati adalah sukses lahir dan batin. Sukses batin, ketika anda mampu membangun harga diri yang sehat dan merasa puas dengan apa yang anda kerjakan.
Be well,
Dwika Sudrajat
ExecuTrain




Fokuskan pada Karya dan Layanan.
**Soegianto Hartono

Sukses adalah menyusun kembali otak kita untuk berfokus pada sasaran atau tujuan kita. Dan hanya sasaran inilah yang menjadi perhatian kita dari hari ke hari. Bila fokus kita terpecah-pecah dengan adanya banyak sasaran yang tidak jelas, maka itu berarti kita melemahkan kekuatan diri kita sendiri.
Disini kita harus berani menutup semua jalur agar pikiran kita tidak terprovokasi untuk mengejar hal-hal lain selain tujuan dan sasaran utama kita. Pada umumnya orang mudah terprovokasi untuk mengejar hal-hal lain, khususnya kalau itu menyangkut tentang uang dan ujung-ujungnya sasaran utama itu sendiri terlupakan.
Kalau anda telah menetapkan tujuan dan sasaran anda, kembalilah melihat apa layanan dan karya yang akan anda sajikan untuk orang lain. Tidak ada hal yang bisa membuat anda mencapai sasaran anda kalau anda tidak menyajikan sesuatu untuk di nikmati oleh orang lain.
Karya adalah suatu pekerjaan atau suatu kreasi pribadi anda yang muncul dari pemikiran anda dan hasilnya untuk di nikmati oleh orang lain termasuk diri anda sendiri.
Misalkan karya anda adalah menjual suatu produk dari perusahaan tempat anda bekerja atau suatu produk yang anda ciptakan bila anda seorang wiraswastawan dan yang anda pasarkan.
Bila anda sebagai seorang penjual dan tidak berfokus pada karya dan layanan untuk menjual produk tersebut, bagaimana anda bisa mencapai sasaran anda. Jadi adalah sangat penting untuk berfokus pada karya dan layanan, dimana dengan berfokus padanya, kita akan mampu meningkatkan keterampilan dan juga kita bisa terus menciptakan nilai tambah bagi orang lain.
Disini memang di butuhkan kesabaran dan ketekunan, kalau anda tidak tekun pasti anda akan gagal.
Ada keuntungannya bila anda berfokus pada karya dan layanan, pertama anda akan lebih terampil dan memiliki kemampuan yang lebih baik. Kedua dengan memiliki keterampilan dan kemampuan yang lebih baik sudah pasti rasa percaya diri anda itu sangat kuat. Dan inilah yang akan menjadi daya darik bagi orang lain. Anda akan lebih mudah mempengeruhi orang lain.
Jika keterampilan dan kemampuan sudah baik, rasa percaya diri pun terus meningkat, ujung-ujungnya harga diri ( self-esteem ) anda pun semakin sehat.
Banyak orang mengatakan kepada saya bahwa semakin banyak keinginan dan kerja nyambi atau ngobyek sana-sini bisa membuat orang sukses dan kaya. Menurut saya ini omong kosong. Justru inilah yang akan membuat anda kelelahan, capai dan mudah frustrasi.
Menurut saya sukses yang sejati adalah sukses lahir dan batin. Sukses batin, ketika anda mampu membangun harga diri yang sehat dan merasa puas dengan apa yang anda kerjakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar