Rabu, 08 Desember 2010

Mencapai Keunggulan

Ciptakan “Keunggulan“ pada diri anda, kompetensi pada diri anda pada bidang yang anda minati dan anda sukai, curahkan segenap pemikiran, tenaga dan waktu anda untuk mencapai keunggulan yang Anda inginkan.
Be well,
Dwika Sudrajat
ExecuTrain



Self - Positioning
**Soegianto Hartono

Dalam ilmu marketing dikenal istilah Positioning yang artinya bagaimana menempatkan brand image produk pada pikiran konsumen, sehingga merek tersebut berada pada urutan nomer satu di dalam benak konsumen, dan selalu di ingat oleh konsumen , kalau dia ingin membeli produk akan selalu akan memilih produk yang mereknya telah dia kenal. Ini tentu sangat menguntungkan bagi penjual atau produsen produk yang dapat menempatkan produknya dalam pikiran setiap konsumen. Setiap produsen atau penjual akan selalu berusaha keras untuk melakukan positioning dengan baik agar produknya dapat mencapai Mind Share dan Heart Share setiap konsumen.
Bagaimana dengan diri kita sendiri, apakah kita ingin menempatkan diri kita pada setiap pikiran orang lain, dan kita akan dapat menjadi orang yang disukai oleh orang lain, diminati oleh orang lain dan dikejar-kejar oleh banyak orang.
Dengan menempatkan diri kita ke dalam Mind Share dan Heart Share setiap orang, sangat menguntungkan buat diri kita. Positioning diri sendiri semacam ini dapat membawa keberuntungan, dan kalau boleh dikatakan akan mempermudah jalan kita menuju Kesuksesan.
Bagaimana kita bisa melakukan positioning diri kepada setiap orang dan di terima oleh setiap orang yang kita kenal ?
Hal ini tentunya ada persyaratan-persyaratan yang harus kita penuhi, agar diri kita bisa tampak menarik di mata orang lain.
Anda tentu harus menciptakan “Keunggulan“ pada diri anda sebelum anda akan menjadi menarik di mata orang lain.
Untuk menjadi unggul, sudah seharusnya anda menciptakan Kompetensi pada diri anda. Kompetensi pada bidang yang anda minati dan anda sukai. Agar anda benar-benar bersedia mencurahkan segenap pemikiran, tenaga dan waktu anda untuk mencapai keunggulan yang anda inginkan. Mulailah mencari dan menemukan kompetensi yang sesuai dengan bakat dan minat anda, percayalah bahwa anda memiliki bakat dan ke-unikan anda sendiri, renungkan tentang diri anda sendiri. Anda juga seharusnya menetapkan Standard-Standard terhadap kompetensi anda, dan juga anda seharusnya menampilkan gaya-gaya yang khas diri anda dalam menyampaikan kompetensi anda itu kepada orang lain.
Perlu anda perhatikan bahwa kompetansi anda seharusnya relevant untuk orang lain, maksudnya kompetensi anda dapat memberikan manfaat dan bisa membantu meningkatkan kesejahteran bagi banyak orang. Didalam ilmu marketing, manfaat itu bisa berupa manfaat dalam fungsi produk dan juga manfaat emosional. Anda harus bisa memberikan kedua manfaat ini, agar positioning diri anda mengena dan mengendap pada benak orang lain. Tidak kalah pentingnya, anda harus konsisten terhadap kompetensi anda, jangan mudah berubah ubah pada kualitas kompetensi anda, karena orang lain tidak akan bisa merasakan manfaat dengan baik, kalau anda sering berubah-ubah. Ini akan menjadi nilai negatif tentang diri anda.
Percaya Diri adalah salah satu unsur yang perlu anda kembangkan dalam diri anda, agar anda merasa berani untuk mengekspresikan diri anda kepada orang lain. Anda harus menguasi benar apa yang menjadi kompetensi diri anda, sehingga dari waktu ke waktu rasa percaya diri anda akan semakin membaik.
Agar orang lain mentetahui tentang diri anda lakukanlah komunikasi untuk melaksanakan strategi Positioning. Susun rencana kepada siapa saja anda harus melakukan positioning diri. Laksanakan Positioning ini sesuai dengan apa yang anda harapkan akan anda dapatkan. Communication is the respond you get, artinya apa yang anda komunikasikan anda akan mendapatkan umpan balik, apakah yang telah anda sampaikan itu mengenai sasaran atau belum, bila belum lakukan perbaikan yang diperlkan dan komunikasikan kembali.
Apa yang anda komunikasikan sesungguhnya adalah Citra Diri anda sendiri, jadi self-positioning adalah menempatkan Brand Image “ Citra Diri “ anda, kepada relasi bisnis, teman-teman, atasan, lingkungan perusahaan, dan masyarakat.
Self-Positioning memberikan manfaat yang positif bagi diri anda, bagi perkembangan karier anda, dan mempermudah kesuksesan yang anda harapkan.
Terus tingkatkan kualitas diri anda, dan positioning Diri Anda akan semakin kuat menancap pada benak orang-orang yang mengenal anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar