Rabu, 08 Desember 2010

Menikmati Pekerjaan

Temukan pekerjaan yang benar – benar anda minati, membuat anda lebih bergembira ketika mengerjakan pekerjaan tersebut, yang bisa membuka kreativitas mengalir keluar, yang bisa anda kerjakan dengan rileks dan benar – benar menikmati pekerjaan itu.
Be well,
Dwika Sudrajat
ExecuTrain




Cintailah Pekerjaan Mu
**Soegianto Hartono

Ketika anda bangun tidur, membuka jendela dan melihat keluar dari jendela kamar, anda melihat awan hitam tebal menyelimuti langit dan hujan mulai turun, angin bertiup agak kencang menembus jendela masuk ke ruang kamar dan menerpa tubuh anda, terasa dingin pada tubuh anda, mulut anda kembali menguap. Saat itu juga apa yang anda katakan pada diri anda? Malas ah … , enakkan tidur balik ! dan perasaan malas membungkus diri anda . Apakah ini yang anda katakan pada diri anda ? atau anda akan mengatakan “ hari ini hari keberuntunganku “ , lalu bangkit dari tempat tidur dengan semangat dan bergegas berangkat kerja dengan gembira.
Yang mana ? saya tidak tahu, hanya anda yang tahu tentang diri anda sendiri.
Ciri – ciri orang yang tidak mencintai pekerjaanya, sering kali di ekspresikan dengan perasaan malas, tertekan, dan low energy alias kurang semangat. Ber sikap kurang tulus dalam mengerjakan pekerjaannya, kurang ramah dalam pergaulan maupun palayanan, dan hasil kerjanya umumnya asal jadi saja. Dan lebih parah lagi dia berpikir bahwa bekerja itu merupakan beban yang berat bagi dirinya. Apakah anda memunyai ciri – ciri seperti ini ? bila anda menjawab “ Ya “, segeralah mencari pekerjaan yang baru sebelum anda di rumahkan oleh perusahaan tempat anda bekerja.
Syarat untuk meraih kesuksesan tidak lain adalah anda harus mencintai pekerjaan anda. Mencintai pekerjaan adalah syarat utama. Apa yang anda cintai akan membangkitkan semangat dan gairah anda, tanpa ini anda tidak dapat bekerja lebih baik, tidak dapat menghasilkan karya yang lebih baik. Anda hanya akan menjadi orang yang tanggung dengan hasil kerja yang berkualitas seadanya.
Temukan pekerjaan yang benar – benar anda minati, suatu pekerjaan yang membuat anda lebih bergembira ketika mengerjakan pekerjaan tersebut, suatu pekerjaan yang bisa membuka kreativitas mengalir keluar, suatu pekerjaan yang bisa anda kerjakan dengan rileks dan anda benar – benar menikmati ketika mengerjakan pekerjaan itu. Jangan bekerja hanya karena demi kebutuhan uang saja. Pertimbangkan kebutuhan emosional dan jiwa anda.
Ingatlah bahwa tujuan anda hidup sebetulnya adalah untuk mengalami dan merasakan kebahagiaan, dimana anda akan merasa bahagia bila anda bisa mengekspresikan diri anda lewat karya – karya yang besar, hebat dan luar bisa. Anda akan mendapatkan kepuasan batin, dan dengan sendirinya self – esteem ( harga diri dan percaya diri ) anda akan meningkat.
Lihatlah ke dalam diri anda, putar kembali memori anda ketika anda masih kecil, hal – hal apa saja yang sangat anda sukai untuk anda kerjakan, sesuatu yang menggembira untuk anda kerjakan. Apa yang pernah anda lakukan dengan hebat ketika anda SMP atau SMA dulu.
Kalau anda telah menemukan pekerjaan apa yang benar – benar anda minati, anda akan lebih bergairah, wajah anda pun akan mudah tersenyum, anda pun dengan sendirinya menjadi ikhlas dan tulus mengerjakan pekerjaan itu, dan anda akan lupa waktu ketika anda bekerja yang di akibatkan karena anda terlalu menikmati pekerjaan itu.
Bila kondisi ini telah anda dapatkan, sudah pasti kualitas kerja semakin membaik, produktifitas semakin baik dan secara total karya anda menjadi memuaskan bagi orang lain maupun bagi diri anda sendiri, dan tentunya kebutuhan uang akan terpenuhi dengan sendirinya.
Anda akan merasa puas, merasa percaya diri, merasa berbahagia.
Inilah keajaiban dari mencintai pekerjaan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar