Rabu, 08 Desember 2010

Setiap kejadian ada hikmahnya

Hidup harus mengalir, jangan menghambat aliran itu, enjoy dalam setiap kejadian. Kembangkan sikap mental positif, setiap kejadian yang negatif selalu ada hikmahnya, selalu ada maksud baiknya, selalu membuat kita tumbuh berkembang.
Be well,
Dwika Sudrajat
ExecuTrain




Cintailah Kehidupan Ini
**Soegianto Hartono

Rupanya hidup ini ada saat dimana kita bisa mengalami senang, ada saat dimana kita mengalami kesedihan. Dan menurut para guru spiritual, hidup ini harus terus mengalir, jangan menghambat aliran itu, atau menolak aliran itu, karena dengan menghambat aliran itu berarti kita tidak bisa menikmati kehidupan ini lebih utuh.
Bila kita tidak pernah mengalami kegagalan, berarti kita tidak akan bisa mengalami kesuksesan. Bila kita tidak mengalami kesedihan, kita akan sulit menemukan kegembiraan.
Namun pada umumnya orang selalu menolak kesedihan atau penderitaan, dengan berbagai cara di lakukan untuk menangkal hal ini.

Sesungguhnya kita tidak perlu menolak kejadian-kejadian yang tidak kita inginkan ini, karena itu berarti kita menghambat aliran kehidupan ini.
Segala sesuatu yang terasa tidak enak, merupakan kesedihan, kepedihan, penderitaan, akan selalu kita alami, karena hal ini memang sengaja diberikan kepada kita oleh Yang Maha Kuasa dengan tujuan baik. Tentu kejadian-kejadian negatif ini bertujuan memberikan pemandangan kepada kita untuk menemukan pembelajaran dari pengalaman itu. Jadi janganlah kita lalu marah, merasa tertekan dan sedih dengan pengalaman yang tidak enak itu.
Kita perlu mengingat bahwa kejadian yang tidak enak itu menunjukkan bahwa ada bagian-bagian tertentu di dalam diri kita yang belum bertumbuh atau berkembang, sehingga memerlukan penyempurnaan.

Menurut Antony De Mello, guru spiritual dari India, mengatakan bahwa :
“ kesenangan adalah kenikmatan, namun tidak membuat diri kita bertumbuh; sebaliknya kepedihan atau penderitaan adalah pengalaman yang tidak enak, namun akan membuat diri kita bisa tumbuh lebih baik.”
Nah .., sekarang apa yang seharusnya kita lakukan kalau kita mengalami hal-hal yang tidak kita inginkan ? ya, terimalah apa adanya, sadari bahwa kejadian ini tentu akan memberikan pelajaran yang bermanfaat bagi anda. Jangan menolak, dan yang penting enjoy aja dalam menghadapi kejadian itu.

Bila anda bisa menerima kejadian itu apa adanya, anda pasti lebih tenang dan perasaan negatif tidak menyelimuti anda. Kalau anda sudah bisa menerima ini, anda berarti telah mengembangkan sikap mental postif pada diri anda. Dengan demikian anda akan mampu menyelesaikan problem-problem yang sedang anda hadapi dengan tenang dan rileks, dan hasilnya sudah jelas akan lebih baik dari pada ketika anda sedang marah atau dalam kondisi perasaan yang negatif, dimana dalam kondisi perasaan negatif, mungkin keputusan atau penyelesaian yang anda buat dapat menyelesaikan masalah anda, namun ada kemungkinan bisa muncul problem lain yang tidak anda bayangkan sebelumnya.
Ketenangan dan rileks dalam setiap pengambilan keputusan atau menyelesaikan problem adalah sangat penting, karena dalam keadaan pikiran yang jernih, tentu keputusan anda akan lebih baik.
Bila anda mengikat perut dan pinggang anda dengan tali pinggang terlalu kencang, anda akan menghambat aliran darah dan oksigen dalam tubuh anda, anda akan merasa sesak nafas dan bagian tubuh anda yang lain akan mati rasa. Akhirnya anda akan merasa kesakitan.

Jadi, hidup ini harus mengalir, jangan menghambat aliran itu, enjoy aja dalam setiap kejadian yang sedang terjadi pada diri anda. Dan yang penting kembangkan sikap mental positif, bahwa setiap kejadian yang negatif selalu ada hikmahnya, selalu ada maksud baiknya, selalu membuat kita tumbuh berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar